Kajian Biaya Dan Manfaat Computer Based Test Sebagai Model Evaluasi Hasil Belajar Di MTs Muhammadiyyah Metro

  • Kartika eka pertiwi STAI DARUSSALAM LAMPUNG
  • Fitri Utami STAI Darussalam Lampung
  • Siti Kholijah STAI Darussalam Lampung
Keywords: Biaya, Manfaat, Computer Base Test, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK

 

KAJIAN BIAYA DAN MANFAAT COMPUTER BASED TEST

SEBAGAI MODEL EVALUASI HASIL BELAJAR

DI MTs MUHAMMADIYAH METRO

 

 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat memberikan kemudahan dalam pekerjaan maupun kebutuhan serta aktivitas sehari-hari tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Computer Based Test mulai menggantikan posisi Paper Based Test sebagai alat evaluasi hasil belajar termasuk di MTs Muhammadiyah Metro. Agar sekolah tidak mengalami kegagalan dalam menginvestasikan dananya untuk pengembangan teknologi, maka perlu dilakukan analisis dan pengukuran investasi. Berdasarkan hal tersebut maka dipandang perlu untuk melakukan penelitian ini dalam rangka mengkaji  biaya yang dikeluarkan terhadap manfaat yang didapatkan dari penggunaan Computer Based Test. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah Cost and Benefit Analysis. Manfaat ekonomis yang ditimbulkan CBT lebih besar dari pada biaya yang di keluarkan tergambar dari nilai BCR = 1,78. Evaluasi hasil belajar model CBT dapat diterima dan layak secara ekonomi untuk dilanjutkan yang ditunjukkan dengan nilai BCR ≥ 1 dan NPV ≥ 0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriansyah, Riki, and Muhammad Setya Pratama. “Implementasi Sistem Ujian Berbasis Komputer Di Smp Negeri 1 Sungailiat.” KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3, no. 2 (2020). https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.681.
Juwita, Aulia Hapsari, and Bhimo Rizky Samudro. “Analisis Manfaat-Biaya Proyek Grand Design Tstj Sebagai,” n.d.
Murniati, E. “Computer Based Test (CBT) Sebagai Alternatif Instrumen Evaluasi Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi 15, no. 3 (2016): 1–10.
Nasir, M, and Opi Tananda. “Perbandingan Antara Sistem Computer Based Test Dan Paper Based Test Pada Hasil Pembelajaran Mata Pelajaran PMKR Di SMKN 1 Sumatera Barat Comparison Between Computer Based Test Systems and Paper Based Tests on Learning Outcomes of PMKR Subjects at SMKN 1 W,” 2023, 67–74.
Putri, U.M., & Rahayu, S. “Aplikasi Computer Based Test (CBT) Sebagai Alternatif Evaluasi Hasil Pembelajaran Siswa.” JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi) 4, no. 2 (2018): 153–64. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jusifo/article/view/4110.
Published
2024-12-27
How to Cite
Kartika eka pertiwi, Fitri Utami, & Siti Kholijah. (2024). Kajian Biaya Dan Manfaat Computer Based Test Sebagai Model Evaluasi Hasil Belajar Di MTs Muhammadiyyah Metro. EKSYDA: Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 5(1), 1-11. https://doi.org/10.51226/eksyda.v5i1.670
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>