PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI SISWA SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu perbedaan kemampuan berbicara siswa sebelum dan sesudah diajar dengan pendekatan komunikatif, menjelaskan dan mendeskripsikan penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas XI SMKN 5 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain pra dan pasca tes. Instrumen penilaian yang digunakan adalah tes berbicara. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh yang sangat besar pada kemampuan berbicara siswa di kelas pos tes dibandingkan dengan kelas pra tes. Data tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan komunikatif hasil kemampuan berbicara siswa lebih besar. Penggunaan pendekatan komunikatif dapat dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk guru dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia pada siswa.
Downloads
References
Asiah. (2015). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, Vol 2(1) 2015, 21-35.
Astami, Timur Sri., Ningrum, Rosita., Budihardja, Felicia. (2013). Efektivitas Pendekatan Komunikatif Pada Mata Kuliah Menyimak dan Berbicara II. Jurnal LINGUA CULTURA Vol.7 No.2 November 2013.
Creswell, John. W. (2012). Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson Education.
Pateda, Mansoer. (1990). Linguistik Terapan. Flores: Nusa Indah.
Santrock, J. W. (2007). Psikologi pendidikan (edisi ke-2). Jakarta: Prenada Media Grup.
Saputra, J. B. (2015). Communicative Language Teaching: Changing Students’ Speaking Skill. Premise: Journal of English Education, 4(1).
Saputra, J. B. (2018). An Analysis of Students’speaking Anxiety toward Their Speaking Skill. Premise: Journal of English Education, 7(1), 111-123.
Setiyadi, Ag. Bambang. (2006). Metode Penelitian Untuk Bahasa Asing. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Solchan, T. W., dkk. (2001). Hakikat pendekatan prosedur, dan strategi pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan pendekatan komunikatif dalam sistem pembelajaran bahasa Indonesia (Modul UT). Jakarta: Pusat Penerbitan UT.
VanVleet, R. (2001). A parent’s handbook of filial play therapy. Boiling Springs, PA: Play Therapy Press.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.