PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK

  • Siti Aisyah STKIP TUNAS PALAPA
Keywords: metode kooperatif tipe picture and picture, motivasi, keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks dan motivasi belajar siswa pada salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menerapkan metode kooperatif tipe picture and picture. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia 1 SMKN 5 Bandar Lampung yang berjumlah 33 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas X Multimedia 1 SMKN 5 Bandar Lampung dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan: (1) motivasi siswa dari siklus I ke siklus II yang cukup signifikan; (2) rata-rata nilai keterampilan menulis siswa, yaitu dari 50 pada pratindakan menjadi 72,07 pada siklus I, dan 82,07 pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brecke, R. (2007). Cooperative Learning, Responsibility, Ambiguity, Controversy and Support in Motivating Students. A Journal of Scholarly Teaching, 2 (2): 57-63.

Langan, John. (2013). College Writing Skills with Readings. 9th Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Latief, M.A. Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Bahasa. Malang: Universitas Negeri Malang, 2008.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Miarso, Y.H. (2008). Peningkatan Kualifikasi Guru dalam Perspektif Teknologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, 2008 (10): 66-76.

Miru, A. S. (2009). Hubungan antara Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Instalasi Listrik Siswa SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal MEDTEK, Volume 1, Nomor 1.

Nurhayani, E & Sukidi, M. (2013). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 1, No 2.

Nurjamal & Sumirat. (2010). Penuntun Perkuliahan Bahasa Indonesia untuk Memandu Acara: MC-Moderator, Karya Tulis, Akademik, dan Surat-menyurat. Bandung: Alfabeta.

Kholis, Nur. 2015. Tanggung Jawab Keluarga dalam Pendidikan (Analisis QS. Luqman Ayat 12-19 dan Al-Tahrim Ayat 6). Jurnal As-Salam Vol 4 No 1

___________. 2014. Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Aplikasi Shalat Fadhu Siswa. Jurnal As-Salam Vol 3 No 2

___________. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Iqro' Vol 2 No 1

___________. 2017. Pondok Pesantren Salaf Sebagai Model Pendidikan Deradikalisasi Terorisme. Jurnal Akademika Vol 22 No 1

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Saputra, J. B. (2014). Language Teaching Evaluation. Organization, 5(4), 3.)

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Uno, H. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Published
2017-10-16
How to Cite
Siti Aisyah. 2017. “PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK”. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 6 (2), 129-48. https://doi.org/10.51226/assalam.v6i2.85.