https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/issue/feed Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2025-06-30T21:46:36+07:00 RETNO ROSTI DARMAWANTI, M.Pd retnoristidarmawanti12@gmail.com Open Journal Systems <p align="justify"><em><strong>AZZAHRA</strong> </em>merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM STAI Darussalam Lampung dengan Fokus dan Scope pada ranah Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal ini diterbitkan sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini telah memiliki E-ISSN: &nbsp;2714-982X&nbsp; Jurnal ini diterbitkan dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini sedang menuju proses Akreditasi ke Kemenristekdikti sebagai bentuk tanggung jawab penjaminan mutu jurnal. Jurnal ini dapat diakses secara Geratis oleh semua lapisan masyarakat. Bagi anda yang berniat untuk mempublikasikan karya ilmiah anda pada jurnal ini anda dapat menghubungi Pimred Jurnal <em><strong>AZZAHRA</strong></em> <a href="https://scholar.google.com/citations?user=USN-4iEAAAAJ&amp;hl=id&amp;oi=ao" target="_blank" rel="noopener">sdr. Retno Risti Darmawanti, M.Pd.</a> melalui Chat WA. <a href="https://wa.me/qr/4DMZPJOP7RTGN1" target="_blank" rel="noopener">+62852-3120-5063</a> dan persiapkan laporan penelitian anda dengan tema yang relevan dan belum pernah dipublikasikan dimanapun. Naskah diketik di kertas HVS (A4) spasi 1,5 sepanjang 15 halaman. Naskah diketik menggunakan font Book Antiqua ukuran 12 point, dan disimpan dalam bentuk Rich Tet Format (RTF). Proses penerbitan secara keseluruhan dilakukan dengan menggunakan Open Journal System.</p> https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/750 PENINGKATAN FOKUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA MAZE 2025-06-30T21:46:35+07:00 Ririn Sanusi ririnsanusi68@gmail.com Sefriyanti Sefriyanti sefriy22@gmail.com <p><span class="fontstyle0">Pengembangan focus pada anak bertujuan untuk agar anak dapat menerima dan menangkap pelajaran dengan lebih mudah, sehingga kemampuan berpikir dan pengetahuan siswa dapat meningkat. Tingkat fokus anak dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan media maze. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan penjelasan mengenai upaya meningkatkan fokus pada anak usia dini melalui media maze. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review yaitu metode tinjauan pustaka yang bertujuan untuk mengetahui, memahami, dan mengevaluasi penelitian yang relevan dengan pertanyaan penelitian yang dilakukan. Melalui kegiatan bermain maze dapat membantu meningkatkan fokus belajar anak karena dapat melatih konsentrasi dan koordinasi mata dan tangan. Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan fokus anak dapat dilakukan dengan media maze pada anak usia dini</span>.</p> 2025-06-23T11:15:56+07:00 Copyright (c) 2025 Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/772 PERKEMBANGAN AGAMA ANAK USIA DINI USIA 4-5 TAHUN DI TK PKK 1 TANJUNG INTEN PURBOLINGGO 2025-06-30T21:46:36+07:00 Calista Salsabila calistasalsabila1@gmail.com Intan Nurkhasanah IntanNurkhasanah@gmail.com Tiara Dwi Wulandari Tiara@gmail.com Aulia Rahma AuliaRahma@gmail.com <p><em>Perkembangan agama merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan agama. Anak usia 4-5 tahun mulai mengatahui konsep-konsep agama dan mengembangkan pemahaman agama yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami perkembangan agama anak usia 4-5 tahun di TK PKK 1 Tanjung Inten Purbolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini adalah anak-anak usia 4-5 tahun di TK PKK 1 Tanjung Inten Purbolinggo,</em> <em>dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perkembangan agama anak di TK PKK 1 Tanjung Inten Purbolinggo dari 15 anak di TK b terlihat bahwa ada 13 anak yang sudah berkembang dengan baik 1 anak mulai berkembang dan 1 anak belum berkembang. Jadi secara keseluruhan dapat terlihat bahwa perkembangan agama anak di TK PKK 1 Tanjung Inten Purbolinggo telah menunjukan pemahaman agama yang baik seperti mengenali konsep tuhan, mengikut ibadah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perkembangan agama anak TK PKK 1 Tanjung Inten Purbolinggo dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal seperti lingkungan keluarga, pendidikan agama, dan lingkungan masyarakat. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mendukung perkembangan agama anak-anak tersebut, seperti meningkatkan kualitas pendidikan agama dan melibatkan orang tua dalam proses pendidikan agama.</em></p> 2025-06-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/758 KREATIVITAS GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI RAUDHATUL ATHFAL 2025-06-30T21:46:36+07:00 Tiara Sapitri sapitritiara004@gmail.com <p>Orang yang kreatif adalah orang yang menghasilkan konsep dan <br>produk orisinil yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain. <br>Seorang guru haruslah seorang yang ahli di bidangnya dan mampu <br>memberikan pengetahuan kepada murid-muridnya.Mengetahui bagaimana <br>seorang guru mengembangkan kreativitasnya dalam mengajar adalah <br>tujuan dari penelitian ini.Penelitian ini menggunakan pendekatan <br>kualitatif.Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi <br>dan observasi.Berdasarkan hasil penelitian, mayoritas guru di Raudhatul <br>Athfal (RA) At-Taqwa 45 Setia Negara adalah guru yang kreatif dan <br>sebagian kecil guru yang tidak kreatif.Kreativitas seorang guru sangat <br>mempengaruhi semangat belajar pada siswa.</p> 2025-06-29T01:52:51+07:00 Copyright (c) 2025 Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/573 MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA LOOSE PASRT (BIJI JAGUNG) PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA 03 TELUK DALEM KECAMATAN MATARAM BARU KABUPATEN LAMPUNG TIMUR 2025-06-30T21:46:36+07:00 maratus sholekhah maratussholekhah02077@gmail.com <p><strong><em>Abstra</em></strong><strong><em>ct </em></strong></p> <p><em>The ability to count is very important for human life, and the ability to count is very effectively learned when humans are still children. For this reason, education in numeracy skills is very important to give to young children in preparing for future life.</em> <em>The facts show that learning at Kindergarten ABA 03 Teluk Dalem requires improvements in learning methods which are expected to be able to optimize the development of cognitive abilities. This is because cognitive learning activities rarely use media and mostly use children's worksheets which are based on the children's efforts to cut the given ones.</em> <em>The lack of varied methods, teaching materials and media results in children getting bored quickly, so that researchers need learning media that can encourage children to be more active and creative, and can help develop cognitive abilities.</em> <em>The problem of this research is whether the use of corn grains as a medium can improve the numeracy skills of young children at Kindergarten ABA 03 Teluk Dalem?</em> <em>The research method that the researcher used was classroom action research with the research subjects being the students of Kindergarten ABA 03 Teluk Dalem. The research was carried out in two cycles. Researchers used the following instruments: RPPH, RPPH, and performance instruments.</em> <em>The conclusion of this research is that the use of corn grain media can improve the numeracy skills of group B children at ABA Teluk Dalem Kindergarten. This is shown by the results of counting activities using corn grains which obtained numbers from cycle I to cycle II. Where the average figure obtained for cycle I was 45% and cycle II was 90%.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Improving Counting, Corn Grains</em></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Kemampuan berhitung sangat penting bagi kehidupan manusia, dan kemampuan berhitung sangat efektif dipelajari ketika manusia masih berusia anak-anak. Untuk itu pendidikan kemampuan berhitung sangat penting di berikan pada anak usia dini dalam mempersiapkan kehidupan mendatang. Kenyataan menunjukkan bahwa pembelajaran di TK ABA 03 Teluk Dalem bahwa perlu adanya perbaikan dalam metode pembelajaran yang diharapkan mampu mengoptimalkan perkembangan kemampuan kognitif. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran tentang kognitif jarang menggunkan media dan lebih banyak menggunakan LKS anak yang didasarkan pada usaha anak pemotongan yang diberikan. Kurangnya metode, bahan ajar dan media yang bervariasi, mengakitbatkan anak cepat bosan, sehingga dari hal tersebut peneliti memerlukan media pembelajaran yang bisa mendorong anak untuk lebih aktif dan kreatif, serta dapat membantu mengembangkan kemampuan kognitif. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penggunakan media biji-bijian Jagung dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini di TK ABA 03 Teluk Dalem?. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah&nbsp; penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiannya adalah siswa-siswa TK ABA 03 Teluk Dalem. Peneltian dilaksanakan dalam dua siklus, Peneliti menggunakan instrumen sebagai berikut : RPPH, RPPH, dan Istrumen unjuk kerja. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media loose pasrt biji-bijian jagung dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B di TK ABA Teluk Dalem. Hal ini ditunjukan dengan hasil kegiatan berhitung melalui biji-bijian jagung diperoleh angka mulai dari siklus I sampai siklus II. Dimana diperoleh angka angka rata-rata siklus I adalah 45 % dan siklus II adalah 90 %.</p> 2025-06-29T22:54:04+07:00 Copyright (c) 2025 Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/787 BEST PRACTICES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI KELAS INTERNASIONAL DI KINDERSTATION SCHOOL YOGYAKARTA 2025-06-30T21:46:36+07:00 Yuliatul Rohimah yuliatulrohimah@umala.ac.id <p><em>Best Practice pembelajaran merupakan sebuah role model&nbsp; yang penting untuk di jadikan sebuah pendekatan mengenai keberhasilan dalam melaksanakan program pendidikan. Pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini dianggap sebagai investasi jangka panjang dalam membekali generasi bangsa pada kemajuan era globalisasi. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk menggali best practice pembelajaran bahasa inggris yang diterapkan oleh Kinderstation School sebagai salah satu Lembaga bertaraf internasional yang menjadi lokasi penelitian di sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Temuan penelitian ini terkait yaitu 1)Penerapan program kurikulum IEYC, 2) Pendekatan komunikatif, 3) Pendekatan phonics sound, 4) Penggunaan metode pembelajaran yang interaktif dan permainan, lagu, bercerita, dan lainya. Sehingga Pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini di kelas internasional memiliki manfaat yang signifikan dalam pengembangan kemampuan berbahasa anak.</em></p> 2025-06-30T00:35:52+07:00 Copyright (c) 2025 Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/725 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODERN YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF 2025-06-30T21:46:36+07:00 vivi nur afifah novia anggraini - vievieanggrainii@gmail.com <p><em>Penerapan model pembelajaran modern melalui metode bermain sambil belajar dalam menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) pada anak usia 5-6 tahun di Yayasan PAUD Budi Luhur II Braja Luhur. Jurnal ini mendalami penerapan model pembelajaran modern yang mengikuti perkembangan terkini dalam pendidikan anak usia dini. Dengan menggabungkan Alat Permainan Edukatif (APE) sebagai sarana utama, penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi bagaimana model pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan anak usia dini dapat memajukan proses pembelajaran mereka. Penelitian ini merinci pendekatan inovatif dalam pembelajaran anak usia dini, mempertimbangkan konteks teknologi yang semakin berkembang, perkembangan kognitif dan sosial anak, serta kebutuhan individual mereka.</em></p> 2025-06-30T21:43:49+07:00 Copyright (c) 2025 Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini