ETIKA BISNIS UNIT USAHA PESANTREN (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN SAHID BOGOR DAN PONDOK PESANTREN UMMUL QURA’ AL-ISLAMI BOGOR)

  • Dwi Irfan Cahyo Universitas Ibn Khaldun Bogor
Keywords: Etika, Bisnis islam, Unit usaha, Pesantren

Abstract

Etika dalam bisnis islam tidak dapat terpisahkan, karena tanpanya akan menjadikan kerancuan dalam menentukan kebenaran dalam berbisnis serta akan terjadi banyak kejahatan dalam bisnis, dengan begitu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan etika bisnis pada unit usaha pesantren. Metodologi penelitian yang digunakan berupa kualitatif deskriptif dengan studi multi-kasus pondok pesantren modern Sahid Bogor dan juga pondok pesantren Ummul Qura al-Islami Bogor. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pesantren mampu menerapkan etika bisnis melalui unit usaha pesantren sebagai wadah dan nilai ajaran islam serta prinsip etika bisnis sebagai bahan yang dapat diajarkan kepada asatidz dan santri serta masyarakat sekitar pesantren

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adibah binti abdul rahim, (2013), understanding islamic ethics and its significance on the character building, international journal of social science and humanity, vol. 3, no. 6.
Agus eko sujianto, (2011), modernitas kyai dan implikasinya terhadap pendidikan kewirausahaan di pondok pesantren, millah vol. Xi, no. 1.
Amin hasan, (2012), menyusuri hakikat kebenaran: kajian epistemologi atas konsep intuisi dalamtasawuf al-ghazali, jurnal at-ta’dib , vol. 7, no. 2.
Andi darussalam, (2015) paradigma bisnis islam perspektif hadis, tahdis, vol. 6, no. 1.
Anti wulan agustini, (2017), distribusi kekayaan dalam ekonomi syariah, tazkiya jurnal keislaman, kemasyarakatan & kebudayaan, vol. 18, no. 2.
Baehaqi, (2017), masjid sebagai sumber pembentukan kretivitas manusia berkarakter, rausyan fikr. Vol. 13 no. 1.
Chaibou issoufou, (2015), review aticle significance of islamic business ethics, international journal of current research, vol. 7, issue. 11.
Che mohd zulkifli and che omar ana siti sarpina saripuddin, (2015), concept of business ethics in islam - approach to the entrepreneur, journal of asian business strategy, vol. 5, no. 1.
Dewi fatmasari, peran kewirausahaan dalam pemberdayaan ekonomi pesantren (sekilas tentang pesantren ainurrafiq) desa panawuan, kecamatan cigandamekar kabupaten kuningan, http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/amwal/article/download/263/232
Djoko hanantijo, strategi sdm dalam menghadapi persaingan global http://stia-asmisolo.ac.id/jurnal/index.php/jmbb/article/download/10/9
El-badriaty, baiq. (2018). implikasi nilai-nilai etika pada bisnis perspektif al-qur’an dan al-hadits, profit: jurnal kajian ekonomi dan perbankan. vol. 2, no.1.
Elfi yuliani rochmah, (2016), mengembangkan karakter tanggung jawab pada pembelajar (perspektif psikologi barat dan psikologi islam), al murabbi, vol. 3, no. 1.
Elida elfi barus, (2016), tauhid sebagai fundamental filsafah ekonomi islam, jurnal perspektif ekonomi darussalam, vol. 2, no. 1.
Endang sudarsih, (2010), mengembangkan wirausaha di pondok pesantren, jsh jurnal sosial humaniorah, vol 3 no.1.
Febriyarni, busra. (2016). fiqh al-hadis etika bisnis (tinjauan kesahihan dan pemahaman). al istinbath : jurnal hukum islam. vol. 1, no. 2.
Galuh anggraeny, (2017), pembelajaran dan implementasi etika bisnis islam: studi pada mahasiswa akuntansi syariah iain surakarta, academica, vol. 1, no. 2.
Hasyim nawawi, (2013), islamic business ethics between reality and history, karsa, vol. 21 no. 1.
Hj. Norvadewi, (2014), profesionalisme bisnis dalam islam, mazahib : vol. Xiii, no. 2.
Ifdlolul maghfur, (2016), membangun ekonomi dengan prinsip tauhid, jurnal malia, vol. 7, no. 2.
Iffaty nasyi’ah, (2014), prinsip keadilan dan keseimbangan dalam penentuan nilai tukar barang (harga) perspektif islam dan hukum perlindungan konsumen, de jure, jurnal syariah dan hukum, vol. 6, no. 2.
Irsadunas. (2018). tinjauan etika bisnis islam dalam pengelolaan corporate social responsibility. jebi (jurnal ekonomi dan bisnis islam). vol. 3, no. 2.
Kamaruddin, (2018), manajemen strategic pesantren dalam pengembangan kewirausahaan di yayasan darul yatama wal-masakin (dayama) jerowaru kecamatan jerowaru kabupaten lombok timur, tesis, program manajemen pendidikan islam, pascasarjana universitas islam negeri mataram.
Khusniati rofiah, (2014), urgensi etika di dalam sistem bisnis islam, justitia islamica, vol.11, no. 2.
Lukman fauroni, (2003), rekonstruksi etika bisnis: perspektif al-qur’an, iqtisad journal of islamic economics, vol. 4, no. 1.
M. Hasbi, (2009), konsep tauhid sebagai solusi problematika pendidikan agama bagi siswa madrasah, insania,vol. 14,no. 2.
Maharani, dewi. Penerapan kejujuran dan tanggung jawab dalam etika bisnis syariah pada wirausaha muslim di kecamatan medan marelan. http://jurnal.umsu.ac.id/ index.php/intiqad/ article/view/1079.
Maimoona saleem, ayaz khan and muhammad saleem, (2018), business ethics in islam, the dialogue, vol. Xiii, no.3.
Mia fitriah elkarimah, (2016), etos kerja islami dalam mewujudkan kesejahteraan sosial, an-nuha vol. 3, no. 1.
Mirshal mauludin dan tri widianti natalia, (2018), penerapan pendidikan ekonomi kreatif di pesantren sebagai sarana untuk menghasilkan pribadi wirausaha yang dilandasi nilai-nilai keagamaan, prosiding temu ilmiah iplbi.
Moh. Rifa’i, (2019), manajemen ekonomi mandiri pondok pesantren dalam mewujudkan kualitas layanan pendidikan, profit: jurnal kajian ekonomi dan perbankan, vol. 3, no. 1.
Muhammad ardi, (2015) etika bisnis dalam ekonomi islam, jurnal syari'ah, vol. Iii, no. 1.
Mursal dan suhadi, (2015), implementasi prinsip islam dalam aktivitas ekonomi: alternatif mewujudkan keseimbangan hidup, jurnal penelitian, vol. 9, no. 1.
Muthmainnah. Md dan nursyamsu, (2017), landasan hukum islam: etika bisnis syariah dan faktor pengembangannya, jurnal syariah, vol. V, no. 1.
Nadhira ulfa dan maftukhatusolikhah, (2015), minat wirausaha kaum santri dan faktor-faktor yang mempengaruhinya ( studi pada pondok pesantren ar-riyadh palembang), i-economics journal, vol.1, no.1.
Ning purnama sariati dan binti mutafarida, (2019) pesantren dan konsumsi halal santri (studi kasus di pesantren syarif hidayatulah rejomulyo kediri), prosiding nasional,vol.2.
Nurul ichsan, (2015), kerja, bisnis dan sukses menurut islam, the journal of tauhidinomics vol. 1 no. 2.
Popi oktari, dian & aceng kosasih. (2019). pendidikan karakter religius dan mandiri di pesantren. jurnal pendidikan ilmu sosial. vol. 28, no. 1.
R. Taufiqurrochman, pendidikan masyarakat berbasis masjid, http://repository.uin-malang.ac.id/799/2/masjid.pdf
Rahmad annam, (2015), etos kerja dan produktivitas kerja dalam upaya menjawab permasalahan ekonomi islam (perilaku mendapatkan uang/harta), al-masharif, vol. 3, no.2.
Rahmat ilyas, (2016), etika konsumsi dan kesejahteraan dalam perspektif ekonomi islam, at-tawassuth, vol. 1, no. 1.
Rina desiana, noni afrianty, (2017), landasan etika dalam ekonomi islam, al-intaj, vol. 3, no. 1.
Rizka ar rahmah, (2016), etika dan manajemen bisnis islam (studi kasus di waroeng steak and shake cabang sm raja medan), j-ebis vol. 2, no. 2.
Rodliyah khuza’i, (2005), etika bisnis dalam persektif islam, mimbar, vol. Xxi, no. 1.
Saifuddin, (2008), kajian agama dan filsafat tentang kebenaran, islam futura, vol. Vii, no.2.
Sirman dahwal, etika bisnis menurut hukum islam (suatu kajian normatif, http://repository.unib.ac.id/483/1/1judul%20etika%20bisnis%20dalam%20islam.pdf
Suwandi, (2017) commerce ethics of muhammad pbuh’ and universal values in era of prophet hood, jurnal ekonomi syariah indonesia, vol.vii, no.1.
Syahid ismail, (2016), strategi mewujudkan kemandirian pesantren berbasis pemberdayaan santri (studi kasus pesantren hidayatullah desa bandar labuhan, kecamatan tanjung morawa, kabupaten deli serdang), perspektif sosiologi, vol.4, no.1.
Syairil fadli, (2017), kritik seyyed hossein nasr terhadap klaim kebenaran modernisme, jurnal nalar, vol 1, no 1.
Tiakoly, kataruddin. (2019). penerapan etika bisnis islam pada usaha pedagang barang campuran di pasar tradisional gamalama, jurnal iqtisaduna, vol.5, no.1.
Wartoyo, (2018), etika bisnis islam: konstruksi nilai keseimbangan dan kemanusiaan, al-amwal, vol. 10, no. 2.
Windari, (2015), perdagangan dalam islam, al-masharif, vol. 3, no. 2.
Zaenal afandi, (2019), strategi pendidikan entrepreneurship di pesantren almawaddah kudus, bisnis: jurnal bisnis dan manajemen islam, vol. 7, no. 1.
Zahriyal falah, Riza. (2018). membangun karakter kemandirian wirausaha santri melalui sistem pendidikan pondok pesantren, jurnal tarbawi vol. 15. No. 2.
Zahrotul wakhidah, (2017) pengaruh penerapan etika bisnis islam terhadap customer retention pada baitul māl wat tamwil (bmt) tumang boyolali, tesis, magister ekonomi, pascasarjana institut agama islam negeri (iain) surakarta.
Zaini hafidh, badrudin, (2018), pesantren dan kemandirian perekonomian: studi tentang kewirausahaan di pondok pesantren ar-risalah cijantung iv ciamis, manageria: jurnal manajemen pendidikan islam, vol. 3, no. 2.
Zeynep arslan, (2008), islamic business ethics and its impact on strategic business decision making process of muslims, tesis, bba, marmara university.
Published
2021-06-23
How to Cite
Dwi Irfan Cahyo. (2021). ETIKA BISNIS UNIT USAHA PESANTREN (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN SAHID BOGOR DAN PONDOK PESANTREN UMMUL QURA’ AL-ISLAMI BOGOR). EKSYDA: Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 129-156. Retrieved from https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/eksyda/article/view/232