PERAN ORANG TUA DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING DI SDN 2 BANDAR AGUNG
Abstract
Orang tua berperan besar agar anaknya tetap belajar di rumah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua siswa sekolah dasar
dalam membimbing anaknya selama pembelajaran daring dan apa yang
dilakukan orang tua ketika menghadapi kesulitan selama pembelajaran
daring. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara.
Hasil dari penelitian ini adalah orang tua dapat berperan aktif sebagai
pendidik atau sekolah awal untuk anak-anaknya. Orang tua bukan hanya
sebagai pendidik tetapi juga harus bias menjadi motivator untuk anaknya,
agar anak tetap belajar dikondisi yang masih seperti sekarang ini.Dampak
positif yang dapat kita ambil dari pembelajaran Daring ini adalah membuat
waktu kebersamaan orang tua dan anak menjadi lebih banyak, kesempatan
terbaik untuk orang tua terlibat se cara langsung dalam proses pembelajaran
anaknya
References
Edmodo, Jurnal I-Statement Vol.02 No 1, 2016
Abdul Wahib, “JurnalParadigma”, Konsep Orang TuaDalamMembangunKepribadianAnak,
Vol 2 No 1 (2015)
Albert Efendi Pohan, Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Ilmiah, (CV Sarnu Untung:
Jawa Tengah)
Ali imron,”Jurnal Edukasia Islamika”, Pendidikan Kepribadian Anak Menurut Abdullah
Nashih Ulwa, No 1 (2016)
Ariza Rusni, Penggunaan Media Online WhatsApp Dalam Aktivitas Komunitas One Day
One Juz (ODOJ) Dalam Meningkatkan Minat Tilawah ODEJER Di Kota Pekan
Baru, JOM Fisip Vol.2 No 1 April 2017
EuisKurniati, Dina KusumanitaNurAlfaeni, FitriAndriani, “JurnalObsesi:
JurnalPendidikanAnakUsiaDini”, AnalisisPeran Orang
TuaDalamMendampingiAnak di MasaPandemi Covid-19, vol 5 No 1 (2021)
I Putu Yoga Purandina, I Made Astra Winaya, “Jurnal Ilmu Pendidikan”, Pendidikan
Karakter di lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa
Pandemi COVID-19, Vol 3 No 2 (2020)
Lexy J. Moleong, Metodologi Peneletian Kualitatif, (Rosdakarya: Bandung)
Lia Nur Atiqoh Bela Dina, “Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini”, Respon Orang
Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19, No 1 (2020)
L. Tjokro , Sutanto, Presentasi Yang Mencekam, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009)
Meda yuliani, Janer Simarmata, Siti Saodah Susant, Eni Mahawati, Rano Indrani Sudra, Heri
Dwiyanto, Edi Irawan, Dewa Puthu Yudi Ardiana, Muttaqin, Ika Yuniwati,
Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan:Teori dan Penerapan, (yayasan Kita
Menulis)
Siti Fatihatul Masruroh
70 ISLAMIDA Edisi No.2 Volume.1. 2023
ISSN: 2828-0482
Mohammad Roesli, Ahmad Syafi’I, AinaAmalia, “Jurnal Darussalam; Jurnalpendidikan,
Komunikasi, danPemikiranHukum Islam”, Kajian Islam TentangPartisipasi
Orang TuaDalamPendidikanAnak, Vol IX No 2 (2018)
Muhammad Andi Setiawan dan Izha Suci Maghfirah, Efektivitas Aplikasi Zoom Dalam
Proses Pembelajaran Matematika Bitnet Jurnal pendidikan Teknologi Informasi,
Vol 6 No 1 Maret 2021
Nika Cahyati, Rita Kusumah,”Jurnal Golden Age”, Peran Orang Tua Dalam Menerapkan
Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi covid 19, No 1 (2020)
Nursalam dan Ferry Efendi, Pendidikan Dalam Keperawatan, (Jakarta: Salemba Medika,
2008)
Oktavia Ika Handarini, Siti Sri Wulandari, “Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran
(JPAP), Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama
Pandemi Covid 19, No 3 (2020)
R. Gilang K, PelaksanaanPembelajaran Daring di Era Covid-19, (Lutfi Gilang: Jawa Tengah)
RirinNoviantiPutri, “JurnalIlmiahUniversitas Batanghari Jambi”, Indonesia
MenghadapiPandemi Covid-19, 20(2), Juli 2020
Selfia S. Rumbewas, et al, “Jurnal EduMatSains”, Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi, No 2 (2018)
Sucipto dan raflis, Profesi Keorangtuaan (jakarta: Rineka Cipta, 2000)
Sucipto dan raflis, Profesi Keorangtuaan (jakarta: Rineka Cipta, 2000)
Syaiful Bahri Djaramah, Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Keluarga, (PT
Reneka Cipta: Jakarta)
Tim Duta, Pasti Bisa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA/MA Kelas XI,
(Penerbit Duta 2018)
Vicky Dwi Wicaksono dan Putri Rachmadyanti, Pembelajaran Blended Learning Melalui
Google Classroom Di Sekolah Dasar, Jurnal Seminar Nasional Pendidikan
PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, Universitas Negeri Surabaya
Wahyu Aji Fatma Dewi, “Jurnal Ilmu Pendidikan”, Dampak Covid-19 Terhadap
Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, No 1 (2020)
WJS. Poerwo Darminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta, Balai Pustaka, 1982)
Yusuf Bilfaqih & M. Nur Qomarudin, Esensi Pengembangan Pembelajaran Dring,
Yogyakarta: CV Budi Uta