TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AZYUMARDI AZRA

  • Wahyu Hidayat SD Terpadu Muhammadiyah, Kinali
Keywords: Pemikiran, Pendidikan Islam, Azyumardi Azra, Tujuan Antara, Tujuan Akhir

Abstract

Tulisan ini mengeksporasi pemkiran tokoh pendidikan Islam,  yakni Azyumardi Azra. Azra tidak hanya menggeluti dalam bidang sejarah Islam, melainkan juga fokus tentang pendidikan Islam. Hal yang menjadi catatan akademis, pergumulan pemikirannya terkait pendidikan Islam, dapat kita telusuri dari hasil karya-karyanya yang terbit baik itu dalam bentuk buku ataupun digital (jurnal) nasional dan internasional. Melihat pemikiran Azra, metode penelitian yang dapat di gunakan ialah library reseach ( telaah literatur). Pendekatannya deskriptip- kualitatif yaitu melihat, mengumpulkan, membaca, dan menganalisa secara mendalam terkait pemikiran Azyumardi Azra. Setelah melalui tahapan tersebut, penulis menggunakan tekhnik analisis data mengoreksi, menganalisis, menyimpulkan dan memverefikasi data. Adapun hasil kesimpulan penelitian ini ialah tujuan pendidikan Islam terdiri dari tujuan antara dan tujuan akhir. Tujuan antara, tercapainnya siswa handal dan tangguh dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Pembentukan karakter melalui lembaga pendidikan formal,dan secara konseptual idealnya melalui setiap proses. Sedangkan tujuan akhir yakni membentuk kepribadian shaleh. Yang pada gilirannya, akan membentuk siswa berakhlak mulia, beriman dan bertakwa. Penekanan tujuan akhir pencapaiannya pada hasil. Implikasi secara teoritis dan praktis untuk menjawab persoalan-persoalan tercapainya pendidikan Islam, setiap stake holder dan pemangku kebijakan untuk saling kerjasama dengan instansi satuan pendidikan. Di samping itu, masyarakat juga di libatkan dalam setiap mengambil keputusa yang di buat

References

Amirudin, Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Prof.Azyumardi Azra, E-Journal Raden Intan Lampung.
Azra, Azyumardi Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Esei -esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu,1999.
Konteks Berteologi di Indonesia; Pengalaman Islam.Jakarta: Paramadina.
Republika 21- 07- 2011.
Abdul, Sudarnoto Hakim. Membangkitkan Peradaban Umat Refleksi Gagasan Prof Azyumardi Azra, Kolom Media Indonesia, 2022
Adams, Kimberly dan A. A. Waskito, Kamus Inggris Indonesia; Indonesia Inggris Cet. XVI; Jakarta: Kawah Media, 2012.
Basri, Hasan, Filsafat Pendidikan Islam,Cet. I; Bandung: 2009
Endaswara, Suwardi. Metode, Teori, Tekhnik Penelitian Kebudayaan, Yogyakarta:Pustaka Widyataman,2006.
Faisal, Sanapiah. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya :Usaha Nasional, 2006.
Husein Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis,.Jakarta:PT RajaGrafindo Persada,2008.
Irsan ,Muhammad Barus.Modernisasi Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra. Maret 2017, STAI Yaptip Pasaman Barat.
Katadatacoid, Makna Gelar Sir dalam kerajaan Inggris, 19 September 2022
Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam. Cet. I; Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Muhadjir, Noeng. Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta:Rakesarin,1989.
Muhtadi, Burhanudin. https://www.youtube.com/watch?v=QRkKf0lLlil
Burhanudin Muhtadi, https://www.tvonenews.com/chanel/news/84379-breaking-newspantauan-persiapan-pemakaman-azyumardi-azra
Nata, Abudin.Tokoh-Tokoh Pembaharuan Pendidikan Islam, Jakarta :Raja Grafindo, 2005.
Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, cet-2, Jakarta: Kencana, 2012.
Surakhman, Winarno. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode dan Tekhnik, Bandung: Tarsito,1990
Warson Ahmad Munawwir dan Muhammad Faizun. Al -Munawwir Versi Bahasa Indonesia- Arab Cet. I; Surabaya: Pustaka Progressif, 2007.
TAP.MPR No.II/MPR/1993
UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2023-02-28
How to Cite
Wahyu Hidayat. 2023. “TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AZYUMARDI AZRA”. ISLAMIDA Journal of Islamic Studies 2 (1), 84-94. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/islamida/article/view/469.
Section
Articles