PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0
Abstract
Abstract
Professional teachers are indicated by teachers who have received formal recognition both in relation to their position and formal educational background based on applicable regulations. The era of society 5.0 in the world of education emphasizes character, moral and exemplary education. This is because the knowledge possessed can be replaced by technology, while the application of soft skills and hard skills possessed by each student cannot be replaced by technology. The challenges posed by the emergence of the era of society 5.0 must be able to be overcome by Islamic education. Consequently, each component must be able to solve various problems. The use of digital media, if used properly, can help educational programs and teaching processes run smoothly and efficiently. Digital media must be used for Islamic religious education.
Abstrak
Guru yang profesional ditunjukkan dengan guru yang sudah mendapat pengakuan formal baik yang berkaitan dengan jabatannya maupun background pendidikan formalnya berdasarkan peraturan yang berlaku. Era society 5.0 dalam dunia pendidikan menekankan pada pendidikan karakter, moral, dan keteladanan. Hal ini dikarenakan ilmu yang dimiliki dapat digantikan oleh teknologi sedangkan penerapan soft skill maupun hard skill yang dimiliki tiap peserta didik tidak dapat digantikan oleh teknologi. Tantangan yang ditimbulkan oleh munculnya era society 5.0 harus mampu diatasi oleh pendidikan Islam. Konsekuensinya, setiap komponen harus mampu menyelesaikan berbagai masalah. Penggunaan media digital bila digunakan dengan baik dapat membantu program pendidikan dan proses pengajaran berjalan dengan lancar dan efisien. Media digital harus digunakan untuk pendidikan agama Islam.
References
Dewi Masitoh, Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui Program Sertifikasi, As-Salam I Vol. VIII No.1, Th. 2019 Edisi: Januari-Juni 2019.
Halimurosid, A. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), (2022).
Hisan Mursalin, Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Pada Era Society 5.0, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 11, No 001 (2022).
Husnul Amin, Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah, RAUDHAH Proud To Be Professionals JurnalTarbiyahIslamiyah Volume 4 Nomor 2 Edisi Desember 2019
Idhar dan Ihwan, Profesionalisme Guru PAI dalam Menanamkan Akhlak Mulia Peserta Didik, eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar Volume 4 Nomor 1 Juni 2020.
Ishak Syairozi, Pembinaan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengadaptasi Siswa Generasi Abad 21, SAP (Susunan Artikel Pendidikan), Vol. 6 No. 3 April 2022.
Jaka Siswanta, Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Umum Tingkat SMA/SMK Kabupaten Magelang, INFERENSI, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 6, No. 2, Desember 2012.
Kartilawati dan Mawaddatan Warohmah, Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi, TA’DIB, Vol. XIX, No. 01, Edisi Juni 2014.
M. Rasyid Ridla, Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran, Tadris. Volume 3. Nomor 1. 2008.
M. Saekan Muchith, Guru PAI yang Profesional, Quality, Vol. 4, No. 2, 2016, Hlm. 232-233
Marinasari Fithry Hasibuan, Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah dan Madrasah, Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Medan, http://sumut.kemenag.go.id/06/04/2015.
Mila Mahmudah, Mengembangkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Model-Model Pembelajaran, Jurnal Keislaman, Vol. 4, No. 1, 2021.
Mira Efriyanti, Lukman Hakim, dan, Muhamad Khumaini Umasugi, Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Konsep Diri Siswa, Al- Miskawaih: Journal of Science Education (MIJOSE), Volume 1 Nomor 2, Desember 2022.
Muhammad Nasir, Profesionalisme Guru Agama Islam (Sebuah Upaya Peningkatan Mutu melalui LPTK), Dinamika Ilmu Vol. 13. No. 2, Desember 2013.
Muhammad Nasir, Profesionalisme Guru Agama Islam (Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Melalui LPTK), Dinamika Ilmu Vol. 13. No. 2, Desember 2013.
Mujamil Qomar, Meneguhkan Profesionalisme Guru PAI: Sebagai Penggerak Kemajuan Ummat berbasis Nilai-nilai Religius dan Akhlak Mulia, diunduh di https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jmpi/article/download/3965/5494.
Musytari Randa, Firman, dan Abdurrahman, Pemberdayaan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam, AJIE: Al-gazali Journal of Islamic Education, Vol 2, No 1, Juni 2023.
Nasrul Nasrul, Sitti Hasnah & Dzakiah Dzakiah, Kompetensi Guru Di Era Society 5.0, Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu 2022, KIIIES 5.0, 2022, Volume 1.
Sarmadhan Lubis, Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG), Jurnal Al-Thariqah Vol. 2, No. 2, Desember 2017.
Shafira Nadia & Mohammad Saat Ibnu Waqfin, Profesionalisme Guru Pai Berbasis Digitalisasi Pada Era Sosiety 5.0 Di Smp Negeri 2 Mojoagung Jombang, ISLAMIKA: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Volume 5, Nomor 4, Oktober 2023.
Sitti Roskina Mas, Profesionalisme Guru dalam Peningkatan Kualitas pembelajaran, INOVASI, Volume 5, Nomor 2, Juni 2008.
Syamsul Bahri, Konsep Pembelajaran PAI di Era Society 5.0, edupedia Vol. 6, No. 2, Januari 2022.
Zubairi, Almaydza Pratama Abnisa, dan Musthofa, Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Era 4.0, International Conference and Visiting Scholars 2022 INSURI Ponorogo > Universiti Sains Malaysia.