MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK MELALUI PUZZLE HURUF PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KOBER KUNTUM MELATI INDAH DESA BRAJA INDAH KECAMATAN BRAJA SELEBAH KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

  • Dewi Purwati
  • Sumaryati Sumaryati
  • Ahmad Ardiyansah
Keywords: Mengembangkan Kognitif, Permainan Puzzle Huruf

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi dengan perkembangan kognitif anak didik masih kurang berkembang dikarenakan anak belum dapat memahami warna, bentuk, huruf, berhitung, antara banyak dan sedikit, besar atau kecil. Berdasarkan asumsi diatas maka penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model permaianan puzzle huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kognitif anak khususnya pada anak usia 3-4 tahun di Kober Kuntum Melati Indah Desa Braja Indah Kabupaten Lampung Timur. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, metode ini cocok dan releven dengan objek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik usia 3-4 tahun di Kober Kuntum Melati Indah Desa Braja Indah Kabupaten Lampung Timur yang berjumlah 10 siswa. Tehnik pengumpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitan ini dilakukan pada siklus 1 dan siklus II selama empat kali pertemuan dan tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setelah melakukan analisis dan pembahasan dalam penelitian ini, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa penerapan permainan puzzle huruf dapat mengembangkan kognitif pada anak usia 3-4 tahun di Kober Kuntum Melati Indah desa Braja Indah Kecamatan Braja Selebah Kabupaten Lampung Timur Propinsi Lampung. Hal ini dapat dibuktikan dengan presentase perkembangan kognitif anak pada pra survey yang kriteria baik 0% dan pad siklus 1 meningkat menjadi 20%, dan siklus II meningkat lagi 80%.

Published
2019-11-05