PENGENALAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA USIA 5-6 TAHUN DI RAUDLATUL ATHFAL DARUL ISITIQOMAH 2 KARANG ANYAR

  • Siti Fatimah STAI Darussalam Lampung
  • Novita Herawati
  • Elly Purwanti
Keywords: membaca permulaan, media gambar

Abstract

Dewasa ini banyak kita temui sekolah-sekolah SD khususnya SD favorit yang mensyaratkan bagi peserta didik ketika akan memasuki sekolah tersebut harus sudah bisa membaca dan menulis. Kemampuan membaca dan menulis menjadi patokan kelayakan anak untuk memasuki sekolah tersebut. Kriteria inilah yang mengakibatkan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang memaksa muridnya belajar membaca. Namun pada hakikatnya, di lembaga pendidikan anak usia dini tidak ada kewajiban anak belajar membaca kecuali hanya ajang sosialisasi prasekolah. Kondisi ini mengisyaratkan lembaga pendidikan anak usia dini menjadikan pelajaran membaca sudah menjadi bagian kurikulum sekolah, sehingga membuat guru sibuk mengajarkan anak didiknya untuk membaca sejak dini.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan bersifat kualitatif. Penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di RA Darul Istiqomah 2 desa Karang Anyar sesuai dengan prinsip belajar behaviorisme yang berpendapat bahwa peran guru adalah menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan anak-anak melakukan kegiatan yang telah disusun oleh guru. Dalam belajar membaca permulaan dengan menggunakan media gambar siswa lebih semangat, tertarik dan dapat membaca dengan lancar, mudah paham ketika di beri penjelasan, siswa mampu membaca dengan mandiri, siswa mampu berkonsentrasi mendengarkan saat peneliti memberikan contoh membaca kata dengan benar, siswa mudah diarahkan untuk membaca. Penggunaan media gambar dapat menjembatani kemampuan yang diperoleh anak di sekolah dengan lingkungan. Hal ini karena pada media gambar tersebut disertai gambar-gambar yang menarik dari mulai huruf awalnya sesuai dengan huruf yang di pelajari hingga gambar yang mempermudah mereka belajar. Dengan digunakan media gambar kegiatan bermain sambil belajar lebih menyenangkan bagi anak.

Published
2019-11-05