STUDI TENTANG PELAKSANAAN PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI RA ASH-SHIDIQI RAJABASA BARU

  • sitikhomsiyati STAI DARUSSALAM LAMPUNG
  • Ismatul Fadhilah STAI DARUSSALAM LAMPUNG
Keywords: Pemberian Reward, Motivasi Belajar

Abstract

Abstrak

Dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan nasional, maka salah satu komponen pembelajaran adalah peserta didik sebagai sasaran pembelajaran sehingga setiap peserta didik yang ingin sukses dalam belajarnya mutlak memiliki motivasi untuk belajar. Jadi merupakan tugas guru merancang bagaimana menciptakan kondisi atau suatu proses untuk dapat mendorong dan mengarahkan para anak usia dini agar pada dirinya tumbuh motivasi. Rangsangan untuk meningkatkan motivasi belajar ini salah satunya adalah dengan memberikan reinforcement berupa pemberian reward. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemberian reward dalam meningkatkan motivasi belajar anak di RA Ash-Shidiqi Rajabasa Baru. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatam deskriptif. Alat pengumpul data yang dipakai adalah wawancara yang ditujukan pada guru kelas dan kepala sekolah, observasi yang di tujukan pada anak kelompok-A serta guru kelas dan dokumentasi sebagai pelengkap data. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah dan anak kelompok-A. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa reward yang diberikan terdiri dari reward verbal dan non verbal yang bervariatif. Hambatan yang dihadapi guru kelas yaitu hadiah yang diberikan menggunakan dana pribadi, dapat menimbulkan kecemburuan antar anak dan dapat menimbulkan sikap pamrih. Reward ini terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar anak kelompok-A di RA Ash-Shidiqi Rajabasa Baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.
Aulia, M.I. 2012. Reinforcement Skill, (online), (http://au7ia.blogspot.com,. Diakses pada tanggal 19 April 2013).
Aunurrahman. 2009. Belajar danPembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Edy Siswanto. 2008. Reward atau hadiah dapat meningkatkan motivasi belajar, (online), (http://www.wajah pendidikan kita.blogspot.com., diakses pada tanggal 02 Februari 2013).
Echols, John M. & Hassan Shadily. 2008. Kamus Inggris Indonesia: Edisi XXX. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gunawan, Yusuf. 2001. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Prenhallindo.
Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Hariwijaya, M. dan Bertiani Eka Sukaca. 2009. PAUD Melejitkan Potensi Anak dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta: Mahadika Publishing.
Lane, Jessica J. 2012. Parental Perceptions And The Counselor Role In Kindergarten Transition Practices. Disertasi tidak diterbitkan. Kansas: Kansas State University
Purwanto, M. Ngalim. 2002. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto, M. Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Purwoko, B. & Titin I. P. 2007. Pemahaman Individu Melalui Teknik Non Tes. Surabaya: Unesa University Press.
Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Semiawan, Coony R. 2009. Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakata: PT Indeks.
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukaca, Bertiani Eka & M. Hariwijaya. 2009. PAUD Melejitkan Potensi Anak dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta: Mahadhika Publishing.
Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Suryantoro, Darwis. 2011. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (online), (http://suryantara.wordpress.com., diakses pada tanggal 15 Februari 2013)
Syaodih, Ernawulan & Mubiar Agustin. 2011. Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tim Penyusun. 2006. Panduan Penulisan dan Penilaian Skripsi Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Tim Penyusun Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Uno, Hamzah B.. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wulandari, Nunung dkk. 2011. Peran Penghargaan Dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, (online), (http://aufanury.files.wordpress.com., diakses pada tanggal 05 Maret 2013).
Published
2021-12-14
How to Cite
sitikhomsiyati, and Ismatul Fadhilah. 2021. “STUDI TENTANG PELAKSANAAN PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI RA ASH-SHIDIQI RAJABASA BARU”. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2 (1), 12-23. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/288.
Section
Articles