Kata Kunci: Orang tua, guru, media sosial, alat pembelajaran

  • Annis Sholikha Putri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Devi Narmiyanti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Hibana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Susilo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Kata Kunci: Orang tua, guru, media sosial, alat pembelajaran

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dan guru dalam penggunaan media sosial sebagai alat pembelajaran dimasa pandemic covid-19 saat ini yang dilaksanakan di TK Al-Azhar 6 jatimulyo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi serta wawancara yang ditujukan kepada orang tua dan guru di TK Al-Azhar 6 Jatimulyo. Data yang diperoleh selanjutnya diolah menggunakan teknik Huberman-miles dengan hasil penelitian yang diperoleh bahwa guru dan orang tua sudah berkontribusi baik dalam pemanfaatan media sosial untuk proses pembelajaran daring selama pandemi covid-19 namun masih ditemukan beberapa hambatan yang mana hal tersebut dihadapi oleh beberapa orangtua ketika proses belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa guru dan orang tua telah berperan dalam penggunaan media sosial namun masih ditemukan adanya kendala yang dialami orang tua.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ardiyanti, Silva, and Erni Munastiwi. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Memanfaatkan Media Sosial Bagi” 4 (2).
Astini, Sari, N. K. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura 11 (2): 13–25.
Ayuni, Despa, Tria Marini, Mohammad Fauziddin, and Yolanda Pahrul. 2020. “Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.
Chalim, Saifuddin. 2018. “Jurnal Penyuluhan, Maret 2018 Vol. 14 No. 1 Peran Orangtua Dan Guru Dalam Membangun Internet Sebagai Sumber Pembelajaran” 14 (1): 33–42.
Daheri, Mirzon, Juliana Juliana, Deriwanto Deriwanto, and Ahmad Dibul Amda. 2020. “Efektifitas WhatsApp Sebagai Media Belajar Daring.” Jurnal Basicedu 4 (4): 775–83. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445.
Fadlilah, Azizah Nurul. 2020. Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 Melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548.
Fitria. 2013. “PELATIHAN KINEMASTER BAGI GURU TK SEKARWANGI CIREBON UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DALAM PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DARING.” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99.
Furqon. 2013. “Metode Penelitian,” 1–18. http://etheses.uin-malang.ac.id/1749/7/09410177_Bab_3.pdf.
Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Kuswanto Heru. 2020. “Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Teknologi Pendidikan 22 (1): 65–70. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905/2796.
Ibnu, Universitas, and Khaldun Bogor. 2020. “UHAMKA Jakarta 1 Universitas Ibnu Khaldun Bogor 2” 11 (1): 17–26.
Kebudayan, mentri pendidikan dan. 2020. SE 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta.
Khadijah, Khadijah, and Media Gusman. 2020. “Pola Kerja Sama Guru Dan Orangtua Mengelola Bermain Aud Selama Masa Pandemi Covid-19.” Kumara Cendekia 8 (2): 155. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.41871.
Kurniati, Euis, Dina Kusumanita, Nur Alfaeni, and Fitri Andriani. 2021. “Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Abstrak” 5 (1): 241–56. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.
Laila Wardati, Nurul Husna dkk. 2018. “Pola Kerjasama Guru Dan Orang Tua Di RA Masjid Agung Medan Polonia Laila.” Jurnal Pendidikan Islam 7: 2086–9118. https://doi.org/10.30596/al-ulum.v.
Lausan, Mariana Lusye, and Patricia Cristi Mengko. n.d. “KENDALA GURU DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN DARING DI TK SYALOM ESANDOM,” 63–69.
Lilawati, Agustin. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 549–58. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.
Mansyur, Abd Rahim. 2020. “Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia.” Education and Learning Journal 1 (2): 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55.
Nugrahani, Farida. 2014. “Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.” 1 (1): 305. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org.
Nurhasanah R. 2020. “PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA KELOMPOK B.5 TK KEMALA BHAYANGKARI BONE.” Educhild 2 (2): 58–67.
Nurkolis, Nurkolis, and Muhdi Muhdi. 2020. “Keefektivan Kebijakan E-Learning Berbasis Sosial Media Pada PAUD Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535.
Puji Asmaul, Ana Dwi Muji. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar.” PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education 2 (1): 11–30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84.
Rachman, Sry Anita. 2020. “Penguatan Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19” 04 (2): 322–31.
Satrianingrum, Arifah Prima, and Iis Prasetyo. 2020. “Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di PAUD.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574.
Sudrajat, Cucu Jajat, Mubiar Agustin, Leli Kurniawati, and Dede Karsa. 2020. “Strategi Kepala TK Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582.
Sugiyono. 2015. “METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D.” In , 21st ed. Vol. 1. Bandung: ALFABETA.
Surur, Agus Miftakus, and Ana Ulin Nadhirin. 2020. “Manajemen Waktu Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2): 81–94. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2939.
Sutrah, Ayu. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak Di Masa Pandemi” 5 (April): 5–14.
Wulandari, Hesti, and Edi Purwanta. 2020. “Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626.
Yulianingsih, Wiwin, and Rivo Nugroho. 2021. “Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19” 5 (2): 1138–50. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.
Zahara, Sofia, Nandang Mulyana, and Rudi Saprudin Darwis. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Menggunakan Media Sosial Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik 3 (1): 105. https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.32143.
Published
2022-06-04
How to Cite
Annis Sholikha Putri, Devi Narmiyanti, Hibana, and Susilo. 2022. “Kata Kunci: Orang Tua, Guru, Media Sosial, Alat Pembelajaran”. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (2), 60-74. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/376.