UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF MELALUI MEDIA SANDPAPER LETTERS DI KELOMPOK B2 RA ALGOZALI BANDUNG

  • Sahida Zuriyah Hijjah Dwi Putri Utami Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Teti Ratnasih Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Nano Nurdiansah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
Keywords: Menulis; Huruf Abjad; Sandpaper Letters

Abstract

Penelitian ini merupakan latar belakang dari hasil studi pendahuluan peneliti yang menunjukkan bahwa terdapat masalah di kelompok B2 RA Al Gozali Kota Bandung, yaitu rendahnya kemampuan menulis anak yang dibuktikan dengan kurangnya kemampuan anak dalam menulis huruf abjad. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui kemampuan menulis abjad anak di kelompok B2 RA Al-Gozali Kota Bandung sebelum diterapkan media sandpaper letters; 2) penerapan media sandpaper letters untuk meningkatkan kemampuan menulis abjad anak di kelompok B2 RA Al-Gozali Kota Bandung setiap siklus; 3) mengetahui kemampuan menulis abjad anak setelah diterapkan media sandpaper letters setiap siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan model Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan penggunaan media sandpaper letters, kemampuan menulis huruf abjad anak siklus I persentase hasil observasi rata-rata yang didapatkan sebesar 65,46%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85,35% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, yang artinya media sandpaper letters dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf abjad anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Sabrina Winda. (2016). Pengembangan Alat Peraga Sandpaper Letters Materi Menulis Kalimat Tegak Bersamung Berbasis Metode Montessori. (Skripsi). PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta https://repository.usd.ac.id/6216/2/111134275_full.pdf
Arikunto, S, Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ciptadi, Fita Rahmat. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-kanak Islam Budi Mulia Padang. Pedagogi, 5(2). DOI: http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.2754
Fikasari, C., & Erny, R. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Peembelajaran Sandpaper Letters Terhadap Kemampuan Meniru Huruf Kelompok A PAUD Ar Rahman Jombang. Universitas Negeri Surabaya. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/3935/2003
Kurniasih, Siti. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Melalui Media Sandpaper Alphabet di Kelompok B TK Nursa Bandar Lampung. Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 7(1). DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v7i1.11566
Montessori, M. (2020). Dr Montessori’s Own Handbook. Penerbit Bentang.
Permendikbud Nomor 137, Permendikbud. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Purnama, S., Pratiwi, H., & Rohmadheny, P. S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Utami, P. (2021). Dr Montessori’s Own Handbook. Penerbit Bentang.
Wibowo, A. (2017). Pendidikan Karakter Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2022-12-31
How to Cite
Sahida Zuriyah Hijjah Dwi Putri Utami, Teti Ratnasih, and Nano Nurdiansah. 2022. “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF MELALUI MEDIA SANDPAPER LETTERS DI KELOMPOK B2 RA ALGOZALI BANDUNG”. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4 (1), 1-10. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/449.
Section
Articles