PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI TK DARUL ISTIQOMAH SADAR SRIWIJAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penanaman nilai-nilai keagamaan di TK Darul Istiqomah dengan pendekatan penelitian diskriptif kualitatif, hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa penanaman nilai-nilai agama melalui cara memberikan keteladanan kepada anak didik. Seorang guru merupakan kunci utama dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan karena bagaimanapun juga perilaku seorang guru akan mempengaruhi perkembangan siswa karena siswanya. Selanjutnya dengan pembiasaan, berbuat baik setiap hari seperti berdoa, menghafal huruf hijaiyah, anak akan menghafalkan surat-surat yang telah dihafal sebelumnya. Selain hafalan surat, siswa juga menghafalkan surat pendek dan doa sehari-hari. Tak hanya hafalan, siswa juga dibiasakan sholat dhuha berjamaah di pagi hari untuk memulai kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Downloads
References
Alhikmah; Riadin, Agung. Analisis Kesulitan Pembelajaran Tematik Pada Peserta Didik Kelas IV-B SDN 4 Menteng Palangka Raya: Analysis of Thematic Learning Difficulties in Class IV-B Students of SDN 4 Menteng Palangka Raya. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, (2023)
Bahri, Husnul, and Fitriani Fitriani. "Edutaiment Dalam Perkembangan Nilai Nilai Moral Dan Agama Anak." At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam 18.1 (2019)
Bangun, Anggita Kusuma. "Perkembangan Moral Pada Anak Usia Remaja." Ecodunamika 4.2 (2021).
Bangun, Anggita Kusuma. "Perkembangan Moral Pada Anak Usia Remaja." Ecodunamika 4.2 (2021).
Hamidah, Nining Siti, et al. "Prophetic Parenting: Konsep Ideal Pola Asuh Islami." Jurnal Multidisipliner Kapalamada 1.02 Juni (2022):
Junaidi, Junaidi, et al. "Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan Islam." Journal On Education 5.3 (2023):
Mardiana, Mardiana, and Muhammad Toto Nugroho. "Metode Penanaman Nilai Moral Peserta Didik Melalui Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar." Journal of Basic Education Research 2.3 (2021):
Rahman, Mhd Habibu, Rita Kencana, Nur Faizah. Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher, 2020.
Rizqina, Aulia Laily, and Bayu Suratman. "Peran Pendidik Dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini." Didaktika: Jurnal Kependidikan 14.1 (2020):
Rukhayati, Siti. Strategi Guru Pai dalam Mebina Karakter Peserta Didik SMK Al Falah Salatiga. Lp2m Press Iain Salatiga, 2019.
Nur, Latifah. Nilai-Nilai Moral Anak Usia Dini Dalam Kumpulan Cerita Bergambar Fabel Katakter (10 Cerita Hewan Pembentuk Karakter) Karya Yudhistira Ikranegara. Diss. UIN Prof. KH Saiffudin Zuhri, 2023.
Safitri, Novia, Cahniyo Wijaya Kuswanto, and Yosep Aspat Alamsyah. "Metode penanaman nilai-nilai agama dan moral anak usia dini." Journal of Early Childhood Education (JECE) 1.2 (2019):
Yusri, Dairina, et al. "Peran dan Tanggung Jawab Guru dalam Menanamkan Nilai Agama dan Nilai Moral pada Anak Usia Dini di Lembaga PAUD." AUD Cendekia 1.2 (2021)
Zaenab, Siti. Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing:(Pengantar Manajemen Pendidikan, Praktik, Teori, dan Aplikasi). Deepublish, 2015.