PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI SEKOLAH
Abstract
Pentingnya mengajarkan pendidikan karakter kepada anak sejak dini sebagai upaya membentuk pribadi yang baik dan berbudi pekerti luhur tidak dapat dipandang remeh. Salah satu strategi efektif dalam menanamkan pendidikan karakter adalah melalui pembiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi literatur. Data diperoleh melalui telaah literatur terhadap jurnal, artikel, dan buku yang relevan dengan konteks penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di sekolah dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan, termasuk kegiatan rutin, terprogram, dan insidental. Harapannya, kegiatan-kegiatan tersebut mampu membentuk nilai-nilai karakter pada anak, seperti kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, dan kerja keras. Suksesnya penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di sekolah memerlukan dukungan dari berbagai pihak, mulai dari guru dan kepala sekolah hingga orang tua. Guru dan kepala sekolah diharapkan dapat menjadi teladan positif, sementara orang tua perlu memberikan dukungan dan pengawasan kepada anak dalam implementasi pendidikan karakter di lingkungan rumah.
Downloads
References
Arsyad, L., Akhmad, E., & Habibie, A. (2021). Membekali anak usia dini dengan pendidikan karakter: Analisis cerita film animasi Upin dan Ipin. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 5(1), 59-71.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213.
Cahyaningrum, Eka Sapti, dkk. 2017. Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Vol. 6 (2).
Crosser, S. 1997. Helping Young Children To Develop Character. Early Childhood News, Vol. 9(3), p. 20 – 24.
Eliza, D. (2017). Pengembangan model pembelajaran karakter berbasis cerita tradisional Minangkabau untuk anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b).
Hadi, A. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Lembaga Formal. Jurnal Inspirasi.
Hanoum, F. C. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan pada Anak Usia Dini: Studi Kasus di TK Bintang Kecil Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(1), 186-194.
Hapsari, W., & Iftayani, I. (2017). Model pendidikan karakter pada anak usia dini melalui program islamic habituation. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2).
Hasanah, U. (2019). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan Di Paud Al-Amien Gunung Eleh Kedungdung Sampang. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 13-18.
Hidayah, N., & Ahyani, H. (2021). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Budaya Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 46-70.
Jamilah, S., Puspitasari, N., & Muslim, M. (2023).Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Iii Kota Bima. Pelangi : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 5(1), 53-64.
Lickona, Thomas. 2012. Character Matters: Persoalan Karakter. Alih Bahasa. Juma Abdu Wamaungo & Jean Antunes Rudolf Zien. Editor. Uyu Wahyuddin & Suryani. Jakarta: Bumi Aksara
Lestari, R. (2012). Nyanyian sebagai metode pendidikan karakter pada anak.
Pebriana, P. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 1(1), 1-11 .doi:10.31004/obsesi.vlil.40.
Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260-275.
Ramandhini, R. F., Rahman, T., & Purwati, P. (2023). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(1), 116-115.
Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD) . Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak.
Saida, MS, Banggur, MDV, & Jaya, PRP (2023). Penanaman Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Pembiasaan di PAUD Satar Walang Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat. Montessori: Jurnal Siswa Pendidikan Anak Usia Dini , 1 (1), 27-34.
Umar, M., Ismail, F., & Syawie, N. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasi, 19(1), 101-111.