BEST PRACTICES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI KELAS INTERNASIONAL DI KINDERSTATION SCHOOL YOGYAKARTA
Abstract
Best Practice pembelajaran merupakan sebuah role model yang penting untuk di jadikan sebuah pendekatan mengenai keberhasilan dalam melaksanakan program pendidikan. Pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usia dini dianggap sebagai investasi jangka panjang dalam membekali generasi bangsa pada kemajuan era globalisasi. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk menggali best practice pembelajaran bahasa inggris yang diterapkan oleh Kinderstation School sebagai salah satu Lembaga bertaraf internasional yang menjadi lokasi penelitian di sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Temuan penelitian ini terkait yaitu 1)Penerapan program kurikulum IEYC, 2) Pendekatan komunikatif, 3) Pendekatan phonics sound, 4) Penggunaan metode pembelajaran yang interaktif dan permainan, lagu, bercerita, dan lainya. Sehingga Pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini di kelas internasional memiliki manfaat yang signifikan dalam pengembangan kemampuan berbahasa anak.
Downloads
References
Arnianti. (2019). Teori Perkembagan Bahasa. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 139–152. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 133. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3575
Astari, T., & Safira, S. (2019). Penerapan Permainan Modifikasi Tapak Gunung Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di RA Mutiara, Ciputat. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 46. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/4348/3104
Charlotte. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini Versus Budaya Lokal. Cakrawala Dini, 5(2), 64–72.
Dan, B., Belajar, M., Tk, S., & Sekolah, B. Di. (2022). Penggunaan Strategi Ejaan Inventif Untuk Mengembangkan Keterampilan. 7(4), 1075–1084.
Erna Marlia Susfenti. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 8, 33–44.
Friantary, H. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 127. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100
Herdyastika, M., & Kurniawan, M. (2020). Analisis Perbandingan Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Inovatif di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1585–1593. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.902
Janet, A. P., & Miranda, D. (2016). PEMBELAJARAN PENGENALAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN IMMANUEL II. Jurnal Pendiidkan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 1–13.
Mahdi, N. I. (2021). PENYELENGGARAAN PAUD FORMAL , NON FORMAL DAN. 1(1).
Na’imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564–2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916
Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(2), 95. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49037
R.S Johnston & J.E. Watson. (2007). Teaching Syntetic Phonic. Learning Matters.
Rahwati, S., & Windarsih, C. A. (2021). Implementasi Metode Phonics Dalam Pengenalan Bahasa Inggris Dan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 2714–4107.
Ratnawati. (2021). TEORI DAN INOVASI PENDIDIKAN - Google Books (M. E. Shabiel Zakaria, S.Pd., M.Pd., Sudirman & M. P. Lisnawati Rusmin, S.Pd., M.Sc., dan Marhani, S.Pd. (eds.)). Syahadah. https://www.google.co.id/books/edition/TEORI_DAN_INOVASI_PENDIDIKAN/Y5RCEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=PERMASALAHAN+PERANCANGAN+PERANGKAT+PEMBELAJARAN&pg=PA217&printsec=frontcover
Rizki Alfiana, Eko Kuntarto, Andry Wahyu Oktavianto, E. P. J. E. (2020). PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI. Repository Unja.
Santrock, J. W. (2007). Child Development. McGraw-Hill.
Sunarti, S., Linarsih, A., Amalia, A., Ali, M., & Miranda, D. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan Bahasa Inggris melalui Metode Phonics pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 6(6), 9525–9534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4134
Supriyadi, D. (2021). Implementasi Best Practice dalam Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Minggu. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 2(1), 94–108. https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.25
Uzer, Y. V. (2019). Strategi Belajar Bahasa Inggris Yang Menyenangkan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 86. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3116
Virdyna, N. K. (2015). Penerapan Metode Fonik Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(1), 113. https://doi.org/10.19105/ojbs.v9i1.584