Strategi STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN MABRUR JUNIOR PADA BANK SYARIAH MANDIRI KCP TELUK BETUNG KOTA BANDAR LAMPUNG
STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN MABRUR JUNIOR PADA BANK SYARIAH MANDIRI KCP TELUK BETUNG KOTA BANDAR LAMPUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung dalam memasarkan produk Tabungan Mabrur Junior. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder, dengan teknik wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran Produk Tabungan Mabrur Junior yang dilakukan Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif karena data yang didapat berupa uraian atau keterangan-keterangan yang didapat dari kegiatan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung pada Produk Tabungan Mabrur Junior yaitu dengan menerapkan empat unsur yang terdapat pada bauran pemasaran atau marketing mix yakni Strategi Produk (Product), Strategi Harga (Price), Strategi Tempat (Place), Strategi Promosi (Promotion). Strategi pemasaran Produk Tabungan Mabrur Junior sejak tahun 2016 hingga 2018 mengalami peningkatan namun tidak signifikan. Sebaiknya Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung lebih meningkatkan pemasaran produknya dengan memberikan reward dan tambahan fasilitas agar dapat menarik minat menabung dan berjalan lebih efektif.
Downloads
References
Aji, Hendy Mustiko. Manajemen Pemasaran Syariah Teori Dan Praktek. Yogyakarta: UPPSTIM YKPN, 2018.
Armstrong, Kotler. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit Indeks, 2004.
Handayani, Guffar Harahap. Mery. “Analisis Minat Remaja Stabat Terhadap Tabungan Mabrur Junior Pada Bank Syariah Indonesia KCP Stabat.” Jurnal Ekonomi Rabbani 1(2) (2021).
Ikatan Bankir Indonesia (IBI). Mengelola Kualitas Layanan Perbankan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2014.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks Media Group, 2005.
Muhamad. Manajemen Bank Syariah Edisi Kedua. Yogyakarta: UPPSTIM YKPN, 2018.
Sarwani, Denny. “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mabrur Junior Bank Syariah Mandiri KCP Pondok Pinang.” Program Studi Manajemen Dakwah. Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2015).
Tjiptono, Fandy. Pemasaran Strategik Edisi 4. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Persada, 2018.
Umar, H. Strategic Management in Action, Konsep, Teori, Dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit. Berdasarkan Konsep Michael R.Porter, Fred R. David, Dan Wheelan Hunger. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2001.
Wibowo, Dimas Hendika. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 29 (1) (2015).
Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah BAB I Ketentuan Umum Pasal 1 Ayat 1, n.d.