PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF LEGO DI TAMAN KANAK-KANAK AL HIDAYAH SILIR SARI LABUHAN RATU IV LABUHAN RATU

  • Siti Zulaikhakh
  • Nur Kholis STAI Darussalam Lampung
  • Rina Wulandari
Keywords: Kreativitas, Anak Usia Dini, Lego

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kreativitas anak melalui bermain konstruktif lego di taman kanak-kanak al-hidayah silir sari labuhan ratu IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil peneletian menunjukan bahwa pengembangan kreativitas peserta didik sudah berkembang dengan baik hal ini dapat dilihat pada indikator pencapaian (1).Kemampuan anak untuk mengeluarkan ide baru, (2).Gagasan atau produk baru, (3).Kombinasi baru berdasarkan data yang ada, (4).Idealis dalam berkarya tidak sama dengan hasil karya teman-temannya dan terlihat dari adanya semangat peserta didik dalam melakukan kegiatan bermain konstruktif lego. Kontribusi hasil penelitian dapat dijadikan sebagai acuan pada Pendidikan anak usia dini untuk memanfaatkan lego sebagai media pengasah kreatifitas anak.

Published
2019-11-05