PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE ANAK USIA 3-4 TAHUN KELOMPOK BERMAIN MUSLIMAT NU BRAJA HARJOSARI KECAMATAN BRAJA SELEBAH LAMPUNG TIMUR

  • MINTANINGSIH STAI DARUSSALAM LAMPUNG
  • Jamiluddin Yacub STAI DARUSSALAM LAMPUNG
  • Nur Kholis STAI DARUSSALAM LAMPUNG
  • Nur Kholis STAI DARUSSALAM LAMPUNG
  • Dewi Trismahwati STAI DARUSSALAM LAMPUNG
Keywords: Kemampuan Motorik Halus, Kolase

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Muslimat NU Braja Harjosari. Hal ini disebabkan karena guru lebih sering mengembangkan motorik halus anak dalam hal mewarnai, menggambar, dan menulis. Kegiatan motorik halus lain seperti kolase jarang sekali dihadirkan di kelas. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain  Muslimat NU Braja Harjosari Kecamatan Braja Selebah Lampung Timur melalui kegiatan kolase. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan pengelola. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Muslimat NU Braja Harjosari yang berjumlah 14 anak. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi/foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase menggunakan bahan limbah berupa cangkang telur dan ampas kelapa pada setiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar anak meningkat dari 55,07% menjadi 68,93% pada siklus I, dan dari 77,43% menjadi 85,29% pada siklus II. Jumlah anak yang memperoleh nilai >75% pada pertemuan pertama siklus I sebanyak 2 anak. Mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 8 anak pada pertemuan kedua. Dan menjadi 12 anak pada pertemuan kedua siklus II.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

7. Daftar Pustaka
Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 1997.
Fridani, Lara. Sri Wulan dan Sri Indah Pujiastuti. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini, Cet. 16, Universitas terbuka, Tangerang Selatan, 2014.
Ismail, Andang. Education Games, Pro-U Media, Yogyakarta, 2009.
Masriqon. Perkembangan Motorik Kasar, CV. Laduny Alifatama, Metro, 2017.
Painem. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Metode Kolase Pada Anak Didik Kelompok B TK Pertiwi Gotputuk, UMS Library, 2015
Pamadhi, Hajar. Evan Sukardi S. dan Azizah Muis. Seni Keterampilan Anak, Cet. 17, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, 2016.
Rudiyanto, Ahmad. Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia Dini, Cet. 1, Darussalam Press Lampung, Way Jepara, 2016.
Sujiono, Bambang. dkk. Metode Pengembangan Fisik, Cet. 24, Universitas Terbuka, Tanggerang Selatan, 2017.
Syah, Muhibbin. Pisikologi Belajar, Raja Grafindo, Jakarta, 2010.
Ullinuha, Ismi Hanif. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok A di RA Masjid Al-Azhar Permata Putri Semarang Tahun Ajaran 2018/2019, UIN Walisongo, 2020
Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisitem Pendidikan Nasional, Citra Umbara, Bandung, 2003.
Wardani, IGAK dan Kuswaya Wihardit. Penelitian Tindakan Kelas, Cet. 24, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, 2017.
Wijaya, Widarmi D. Dkk. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Cet. 15, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, 2014.
Published
2021-12-14
How to Cite
MINTANINGSIH, Jamiluddin Yacub, Nur Kholis, Nur Kholis, and Dewi Trismahwati. 2021. “PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE ANAK USIA 3-4 TAHUN KELOMPOK BERMAIN MUSLIMAT NU BRAJA HARJOSARI KECAMATAN BRAJA SELEBAH LAMPUNG TIMUR”. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (1), 36-48. http://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/286.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)