Dampak Pola Asuh Ibu Terhadap Kecerdasan Sosial Anak ( Studi Kasus di TK Darul Huda Mataram Baru Lampung Timur)

  • Rahmat Hidayat STAI Darussalam Lampung
  • Siti Khomsiati STAI Darussalam Lampung
Keywords: pola asuh ibu, kecerdasan sosial anak usia dini

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian dalam artikel ini adalah untuk mengetahui Dampak
kecerdasan sosial anak usia dini berdasarkan pola asuh ibu yang dominan
di keluarga. Penelitian ini sangat penting untuk mengetahui perkembangan sosial anak usia dini secara menyeluruh. Kecerdasan sosial
cukup menentukan kemampuan anak usia dini untuk membina konsep diri
dan mengendalikan emosi agar dapat menyesuaikan diri dalam
lingkungan sosial. Perkembangan kecerdasan sosial juga sangat
dipengaruhi oleh didikan dan dorongan ibu, sejauh mana keberhasilan
didikan ibu adalah sejauh mana keterlibatan dan peran ibu dalam
kehidupan anak-anaknya. Setiap ibu mempunyai cara tersendiri untuk
membantu perkembangan anak-anaknya. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah Bagaimana dampak pola asuh ibu terhadap
kecerdasan sosial anak usia dini di TK Darul Huda Mataram Baru
Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen observasi dan
wawancara, sedangkan analisa data menggunakan tahap reduksi data,
model data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa
pola asuh yang diberikan ibu untuk mendidik anak di TK Kenanga
merupakan pola asuh demokratis dan permisif dalam mengembangkan
kecerdasan sosial anak usia dini.
Kata Kunci: pola asuh ibu, kecerdasan sosial, anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Hanipah, Siti. “Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Paud
Nurul Islam Kota Pagar Alam” (n.d.): 11.
Herni, Zulfiana. “Pendidikan Agama Islam Pada Paud (Penerapan Pembelajaran
Sains Pada Paud)” (2018): 20.
Kudadiri, Apriyani Lestari. “Kesulitan Anak Usia Dini Pada Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam” 9 (2019): 17.
Mardiyati, Isyatul. “Penanaman Nilai-Nilai Dasar Islami Anak Usia Dini Pada
Masyarakat Perkotaan.” At-Turats 9, no. 1 (June 1, 2015): 35.
———. “Penanaman Nilai-Nilai Dasar Islami Anak Usia Dini Pada Masyarakat
Perkotaan.” At-Turats 9, no. 1 (June 1, 2015): 35.
Rizqina, Aulia Laily, and Bayu Suratman. “Peran Pendidik Dalam Menanamkan
Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini” 14, no. 1 (2020): 12.
Syaikhon, Muhammad, and Jauharotur Rihlah. “Strategi Pengembangan
Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Tk Taam Adinda
Menganti Gresik.” Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1 (March 16,
2019): 1–13.
Waewa, Haryatri. “Urgensi Pendidikan Islam Untuk Anak Sejak Dini” (n.d.):
“Jurnal Pendidikan : Early Childhood” 4, no. 1 (2020): 12.
Published
2020-12-24
How to Cite
Rahmat Hidayat, and Siti Khomsiati. 2020. “Dampak Pola Asuh Ibu Terhadap Kecerdasan Sosial Anak ( Studi Kasus Di TK Darul Huda Mataram Baru Lampung Timur)”. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2 (1). https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/255.