PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI PAUD PADA HIMPAUDI KECAMATAN WAY JEPARA

  • Rahmat Hidayat STAI Darussalam Lampung
  • Damanhuri STAI Darussalam Lampung
  • Jamiludin Yacub STAI Darussalam Lampung
Keywords: Kata Kunci : Program BK, Guru PAUD

Abstract

Abstrak
Pendidikan Anak Usia dini merupakan pengantar pendidikan anak memasuki pendidikan
sekolah dasar yang objek pelayanan pendidikannya berada pada rentang usia 0 – 6 tahun, fase
ini juga dikenal sebagai golden age. Terdapat enam aspek perkembangan yang menjadi fokus
guru PAUD dalam mendampingi para peserta didiknya, yaitu aspek kognitif, aspek bahasa,
aspek sosial emosional, aspek fisik motorik, aspek agama nilai dan moral, aspek seni.
Pelayanan bimbingan dan konseling di PAUD dilakukan oleh guru PAUD sendiri, tentunya
dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling harus berdasarkan need asesment
yang di tuangkan dalam program bimbingan dan konseling. Tujuan pengabdian ini
memberikan pendampingan dan pelatihan kepada Guru PAUD untuk dapat menyusun
Program Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Need Asesment. Metode yang digunakan
yaitu 1) perencanaan berupa wawancara dan observasi, 2) tahap pelaksanaan berupa
presentasi, diskusi dan praktik, 3). Evaluasi konsultatif. Kegiatan ini ikuti oleh guru PAUD
dari 10 PAUD yang ada di Kecamatan Way Jepara. Hasil dari pengabdian ini Guru dapat
menyusun program sesuai dengan need asesment.

References

Daftar Pustaka
ABKIN (2004). Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Jalur
Pendidikan Formal. Bandung: Publikasi Jurusan PBB-FIP- UPI.
Dahlan, M.D. (2003). Perspektif Filosofis-Relegius dalam Pengembangan Profesi Bimbingan
Konseling. Dalam kumpulan makalah utama Konversi National XIII Bimbingan
Konseling. Darajat,
EL Fiah. Rifda. (2017). Bimbngan dan Konseling Anak Usia Dini. Jakarta: PT RajaGrafindo
Persada.
Hornby, A.S. & Parnwel, E.C. (1972). Oxford Progressive English, Readers Dictionary.
Oxford: Oxford Univercit Press.
Kartadinata, Sunaryo. (2000). Pendidikan Untuk Pengembangan Sumber Daya
Manusia Bermutu Memasuki Abad XXI: Implikasi Bimbingannya”. Jurnal
Psikopedagogia. 1. (1).1-12.
Miller, F.W. (1961). Guidance Principles and Services. Ohio: Miller Columbus.
Natawidjaya, Rochman. (983). Bimbingan Penyuluhan di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT.
Gunung Agung.
Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nurihsan, J. (2006). Akhlak Mulia dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islami, Bandung:
Rizqi Press.
79
Shertzer, B.& Stone, Shelly C. (1980). Fundamentals of Counseling. Boston: Houhton
Miffin Company.
Smith, E.W, Krouse, S.W. Atkinson,M.M. (1966). The Educator’s Encyclopedia. New Jersey:
Prentice- Hall, Inc.
Susanto, Ahmad. (2011). Bimbingan & Konseling di Taman Kanak-kanak. Jakarta:
Prenadamedia Group.
Syaodih, Ernawulan. (2004). Peranan Bimbingan Guru, Pengasuhan Orang tua, Dan
Interaksi Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Perilaku Sosial Anak” Thesis.
Bandung: SPs UPI Bandung. Tidak diterbitkan.
Traxler, A.G. (1957). Techniques of Guidance. New York: Harper.
Undang-undang RI Nomor. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:
Penerbit Sinar Grafika.
Yusuf LN, Syamsu, dan Juntika Nurihsan, (2008). Landasan Bimbingan dan Konseling.
Bandung: Maestro
Published
2022-06-04
How to Cite
Rahmat Hidayat, Damanhuri, and Jamiludin Yacub. 2022. “PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI PAUD PADA HIMPAUDI KECAMATAN WAY JEPARA ”. PEDULI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (2), 66-79. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/peduli/article/view/367.