MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PLASTISIN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) TELUK DALAM

  • Diana Puspita Sari STAI Darussalam Lampung
  • Sefriyanti
Keywords: kreativitas, bermain, plastisin.

Abstract

Salah satu tugas guru adalah memberi contoh penggunaan strategi

yang tepat dan selaras dengan kebutuhan serta tingkat kesulitan materi yang guru ajarkan kepada siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah kegiatan bermain Plastisin dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Desa Teluk Dalam Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur?; (2) untuk mengetahui apakah kreativitas anak usia dini perlu di tingkatkan? Metode penelitian yang digunakan adalah model Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya sendiri dengan cara merencanakan, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaborasi dan partisipasif dengan tujuan memperbaiki kinerja guru . berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) menumbuhkan minat seni anak melalui bermain Plastisin di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Desa Teluk Dalam Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2023/2024 bisa diberikan kepada peserta didik. (2) Keberhasilan belajar anak dalam hal menumbuhkan minat seni anak melalui bermain Plastisin di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Desa Teluk Dalam Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2023/2024 mengalami kemajuan dan peningkatan dengan menggunakan media plastisin. Hal ini dapat terbukti dengan hasil yang diperoleh mencapai 80% anak mampu mengikuti kegiatan melukis yang diberikan oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggani, Surono. (1995). Alat Permainan dan sumber Belajar TK. Jakarta: Dirjen PLTA Depdikbud.

Ahmad Tafsir. (1994). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Rossa Karya

Arikunto, suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Budiyanto. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: Kencana Prenada).

Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Departemen pendidikan dan Kebudayaan. (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang- Undang No 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikmas.
Hajar Dewantara. (1959). Pengertian Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Hasbullah. (1999). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Masitoh, dkk. (2008). Strategi pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sartono. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuhe Medika.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya Kusuma, Dedi Dwigatama. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Published
2023-10-31
How to Cite
Diana Puspita Sari, and Sefriyanti. 2023. “MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PLASTISIN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) TELUK DALAM”. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1), 76-89. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/560.