PENDAMPINGAN LITERASI DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN DARUL HIDAYAH LABUHAN MARINGGAI
Abstract
Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan yang memberikan suasana Religius. Selain itu, perkembangan pendidikan Islam seperti Pesantren tersebut hanya ada di Indonesia. Sementara di negara lain akan sulit berkembang karena pesantren merupakan pendidikan khas lokal yang dimiliki oleh Indonesia. Pentingnya kontekstualisasi pesantren yang bertujuan untuk menyebarluaskan peengetahuan para ulama. Nilai-nilai yang diajarkan oleh para ulama pendahulu menjadi dasar dalam perkembangan pendidikan pesantren yang lebih kompleks dan modern. Melihat hal tersebut maka perlunya ada pendampingan mengenai dunia literai digital khususnya di Pondok Pesantren Al-Hidayah
Downloads
References
Djazilam, M. Syukron. “Relevansi Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional Dalam Era Modernisasi.” Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 5, No. 1 (March 16, 2019): 89–105. Https://Doi.Org/10.35309/Alinsyiroh.V5i1.3398.
Falih, Noor, Sarika Sarika, And Bayu Hananto. “Pelatihan Internet Sehat Dan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Literasi Digital Di Pondok Pesantren Kota Serang” 2, No. 1 (2020). Https://Conference.Upnvj.Ac.Id/Index.Php/Senabdikom/Article/View/878.
Heryatun, Yayu, And Tri Ilma Septiana. Pendampingan Penyusunan Program Literasi Digital Bagi Ustadz/Ustadzah Di Pondok Pesantren Modern Di Provinsi Banten. Edited By Ayatullah Humaeni. Vol. Cet.1. Serang-Banten: Ahi Press, 2021. Http://Repository.Uinbanten.Ac.Id/7785/.
Ja’far, Ali. “Literasi Digital Pesantren: Perubahan Dan Kontestasi.” Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman 8, No. 1 (April 30, 2019): 17–35. Https://Doi.Org/10.35878/Islamicreview.V8i1.156.
Kesuma, Guntur Cahaya. “Pesantren Dan Kepemimpinan Kyai.” Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 1, No. 1 (2014): 99–117. Https://Doi.Org/10.24042/Terampil.V1i1.1308.
Mahdi, Adnan. “Sejarah Dan Peran Pesantren Dalam Pendidikan Di Indonesia.” Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman 2, No. 1 (April 22, 2013): 1–20. Https://Doi.Org/10.35878/Islamicreview.V2i1.29.
Meleong. Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif , Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Muhakamurrohman, Ahmad. “Pesantren: Santri, Kiai, Dan Tradisi.” Ibda` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya 12, No. 2 (2014): 109–18. Https://Doi.Org/10.24090/Ibda.V12i2.440.
Mukhlisin, Mukhlisin, Fil Isnaeni, Nurjaya Nurjaya, Mukhoyyaroh Mukhoyyaroh, And A. Ari Masyhuri. “Urgensi Literasi Digital Bagi Santri Milenial Di Pondok Pesantren Rahmatutthoyibah Al Iflahah Gunung Kaler Tangerang.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Jpkm) - Aphelion 1, No. 2 (February 26, 2021): 208–14. Https://Doi.Org/10.32493/Jpka.V1i2.9672.
Nasrul, Pengertian Antropologi, Objek, Tujuan dan cabang Ilmu Antropologi. http://chasperzone.blogspot.com/2011/05/pengertian-sosiologi-objek-tujuan-dan.html, diunduh 2 Oktober 2022 pukul 10.30 WIB.
Patriadi, Himawan Bayu, Mohd. Zaini Abu Bakar, And Zahri Hamat. “Human Security In Local Wisdom Perspective: Pesantren And Its Responsibility To Protect People.” Procedia Environmental Sciences, The 5th Sustainable Future For Human Security (Sustain 2014), 28 (January 1, 2015): 100–105. Https://Doi.Org/10.1016/J.Proenv.2015.07.015.
Rahman, Taufik. “Komunikasi Dakwah Pesantren Tradisional.” Ilmu Dakwah: Academic Journal For Homiletic Studies 10, No. 2 (December 30, 2016): 375–97. Https://Doi.Org/10.15575/Idajhs.V10i2.1081.
Rahmawati, Anita, And S. Psi Dr. Sri Lestari. “Kepatuhan Santri Terhadap Aturan Di Pondok Pesantren Modern.” S2, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015. Http://Eprints.Ums.Ac.Id/33929/.