PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN SERTIFIKASI HALAL PADA UMKM KECAMATAN LABUHAN RATU LAMPUNG
Abstract
UMKM di kecamatan Labuhan Ratu masih banyak yang belum bisa menafaatkan tkenologi dalam memasarkan produknya dan produk mereka belum bersertifikat halal. Oleh karena itu tujuan pengabdian ini adalah untuk melakukan pendampingan pemanfaatan media sosial dan sertifikasi halal pada UMKM di Kecamatan Labuhan Ratu Lampung. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Participatory Action Research (PAR). Hasil dari penelitian ini, masyarakat bisa memanfaatkan media sosial dalam memasarkan produknya. Selain itu produk-produk UMKM tersebut sudah tersertifikasi halal.
Downloads
References
Amirullah, Perilaku Konsumen (Jakarta: Graha Ilmu, 2002)
Apriyantono, Anton “Panduan Belanja dan Konsumsi Halal” (Jakarta, Khairul Bayan , 2003)
Arikunto, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik” (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)
Danang sunyoto “Dasar-dasar manajemen pemasaran” (Yogyakarta , CAPS, 2013)
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Edisi Ke-2, (Yogyakarta: Andi, 2001)
https://kompasiana.com/.Diakses Pada 17 September 2023, Pukul 20.45 WIB.
https://quran.kemenag.go.id/index.php/sura/16
https://quran.kemenag.go.id/index.php/sura/2
Kusnaka Adi Mihardja dan Harry Hikmat, Participatory Research Appraisal dalam Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat, (Bandung: Humaniora, 2003)
M. Fahrul Ainul Yakin., „Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Pakaian Wanita Di Pasar Pagi Samarinda‟, (Ekonomika, 5.3. 2016)