MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK PAUD TERPADU PESONA LARAS

  • Lystia Syafa Annisa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Metode bercerita, Anak Usia Dini dan kegiatan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan metode bercerita pada anak usia dini; (2) keakraban dengan metode mendongeng prototipikal pada anak usia dini; dan (3) tingkat pengetahuan Validitas dan kepraktisan pengembangan cerita anak usia dini di PAUD Terpadu Pesona Laras. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Tak kurang dari 10 anak dari kelompok B menjadi subjek penelitian. teknik analisis Data dari formulir validasi dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis membuktikan bahwa:(1) Tingkat kebutuhan pengembangan metode bercerita menjadi kebutuhan pengembangan walaupun metode ini sebelumnya bukanlah metode pembelajaran yang baru untuk diajarkan kepada siswa saat belajar, seseorang harus menyampaikan pemahaman awal tentang konsep dasar pembelajaran; (2) prototipe Metode mendongeng pada anak usia dini terdiri dari dua jenis kegiatan, antara lain: (1) Bercerita melalui kartun, dan (2) bercerita. Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anaknamun dalam prakteknya memiliki keterbatasan atau kekurangan; dan (3) tingkat bakat dan praktik Perkembangan metode bercerita pada anak usia dini menunjukkan adanya evaluasi dari validator Alat yang disajikan dapat divalidasi untuk penerapan dan pengembangan metode bercerita memenuhi persyaratan praktis yang akan digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Majid, DKK. Mendidik Anak Lewat Cerita, Jakarta: Mustaqim, 2005.
Nurhayani, I. Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dalam Jurnal Pendidikan Uniga, 4(1), 54-59, 2010.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta, 2012.
Suharto. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: DiknasTehupelory, Marlen, Suwatra, dkk. 2014.
Wirelawati, Nk.. Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Tk Tunas Mekar Sari Denpasar Dalam Jurnal Pendasi : Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 2012
Yusliza,DKK. Meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui metode bercerita di TK Simehete Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2017.
Published
2022-12-31
How to Cite
Lystia Syafa Annisa, and Astuti Darmiyanti. 2022. “MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK PAUD TERPADU PESONA LARAS”. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4 (1), 11-17. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/450.
Section
Articles