PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER AGAMA ANAK USIA DINI
Abstract
Pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan Pendidikan yang sangat penting untuk di tanamkan sejak usia dini untuk dijadikan pondasi. Peran guru juga sangat berpengaruh terhadap Pendidikan karakter pada anak usia dini. Salah satu Pendidikan karakter yang harus ditanamkan sejak dini yaitu nilai karakter agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pentingnya peran guru dalam pengembangan nilai karakter agama pada anak usia dini. penelitian menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan berbagai sumber ilmiah. Mengajarkan tentang ketuhanan merupakan tugas penting bagi guru kepada siswanya. Kita semua tahu bahwa Tuhan itu abstrak sedangkan anak usia dini adalah anak dalam tahap pemikiran konkret, sesuatu yang dapat dikenali oleh indera. Oleh karena itu guru harus sangat berhati-hati dan bijak dalam menjelaskan konsep ketuhanan kepada anak, karena ini akan menjadi dasar bagi anak untuk membangun pengetahuannya tentang Tuhan. Sebagaimana dimaksud dalam UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, Pasal 3 yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan dan membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru adalah menanamkan nilai agama pada anak Antara lain dengan merancang pembelajaran dengan menggunakan pendekatan nilai agama, untuk memberikan contoh bagi anak-anak Mengenai nilai-nilai kepribadian, salah satunya adalah nilai agama. Peran guru dalam menanam Nilai-nilai agama juga bisa melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan beberapa Metode seperti metode bercerita, pemberian arahan, pembiasaan, dan kegiatan Bercerita, kegiatan bermain dan penggunaan media pembelajaran.
Downloads
References
Buchari, A., Pada, G., Aliyah, M., & Manado, N. M. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. In Jurnal Ilmiah Iqra (Vol. 12).
Dosen Stkip Budidaya, Mp. (2020). Peran Guru Dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa Serta Membuatnya Menjadi Aktif Dan Kreatif Di Dalam Kelas. In Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan (Vol. 9, Issue 2).
Pencegahan, ", Kekerasan, P., Optimalisasi, A. :, Pendidik, P., Hukum, P., Stkip, ", Pangkep, A. M., Guru, P., Model, S., Pembentukan, D., Peserta, K., & Ratnawati, D. (2018). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.
Peran_Guru_Dalam_Membentuk_Karakter_Disiplin_Siswa. (N.D.).
Rizqina, A. L., Suratman, B., & Kalijaga Yogyakarta, S. (N.D.). Peran Pendidik Dalam Menanamkan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini.
Sopian, A., Fungsi Guru, D., & Sopian Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum, A. (N.D.). Tugas, Peran Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan.
Wilis, S. S., Guru, P., Sofyan, H., Willis, S., & Pd, M. (N.D.). Peran Guru Sebagai Pembimbing (Suatu Studi Kualitatif).