UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN METODE BERNYANYI DI PAUD KUNTUM MEKAR
Abstract
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa anak-anak kelompok A di PAUD Kuntum Mekar masih kekurangan keterampilan bahasa yang memadai, terutama antara usia empat dan lima tahun. Teknik bernyanyi digunakan oleh para peneliti untuk mengetahui perkembangan kemampuan berbahasa, khususnya dengan berspekulasi lagu dan suara atau suara sehingga anak-anak dapat menampilkan diri secara verbal melalui melodi. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas (PTK) Kemmis dan Mc Taggart digunakan oleh para peneliti di bidang ini. Peneliti mengumpulkan data observasi melalui wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data deskriptif kuantitatif digunakan oleh peneliti. Ilmuwan melakukan gerakan yang menyertainya: 1) mengamati, 2) bertindak, dan 3) merenungkan. Hasil observasi kemampuan berbahasa anak sebelum dilakukan pra tindakan dengan metode bernyanyi diperoleh persentase pra siklus sebesar 5%, meningkat menjadi 15% pada siklus I, dan meningkat signifikan menjadi 60% pada siklus II. atau setara dengan sembilan anak. Seorang guru dan 14 siswa, 8 laki-laki dan 6 perempuan, berpartisipasi dalam penelitian ini. Keterampilan bahasa anak meningkat sebagai hasil dari metode bernyanyi, yang memastikan keberhasilannya.
Downloads
References
Dea, L. F., Setiawan, A., & Asmiyati, L. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Menggunakan Media Kartu Gambar. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 53-64.
Dr. Yuliani Nurani Sujiono, M. P. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (B. Sarwiji, Ed.) Jakarta: Pt Indeks.
Indratini, D. (2010). Upaya Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Nyanyian/Lagu Bagi Anak Usia Dini Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Di Tk Aisyiyah I Pandean, Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010 (Doctoral Diseertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Permatasari, D., Rohaeti, E. S., & Westhisi, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Logis Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ceria, 2(6), 230236.
Sholiha, Aa, Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Buku Bergambar Di Tk Al-Anhar Karawang. Peteka , 4(2), 311-322.
Siregar, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bernyanyi Di Ra Ar-Rahmah Di Desa Rahuning Kecamatan Rahuning Kabupaten Asahan (Doctoral Dissertation).
Tajiah, J., & Windarsih, C. A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bernyanyi Pada Kelompok A Di Tk Al-Muawanah. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 481-487.
Wahyuni, A. S. (2020). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anaka Usia Dini Dengan Metode Bernyanyi Di Ra Al-Ikhlas. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(2), 56-62.
Widiyanti, D., & Darmiyanti, A. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Flash Card. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 4(2), 16-29.