PENERAPAN SCL (STUDENT CENTRE LEARNING) PADA MAHASISWA PRODI PIAUD STAI DARUSSALAM LAMPUNG
Abstract
The application of the SCL (Student Center Learning) method to PIAUD STAI Darussalam Lampung students was carried out to see the results of implementing learning regarding the application of the SCL method in class. This research uses descriptive qualitative research. The results of the research on the application of the SCL (Student Center Learning) method to PIAUD STAI Darussalam Lampung students stated that students were enthusiastic about participating in learning (72.%), students were more active (45.5%), students were motivated (90.1%), students did not understand with matter (18.2%). This shows that the application of the SCL method produces effective learning in the form of cognitive (knowledge), affective (attitude) and psychomotor (skills).
Downloads
References
Azizah, Maryam Nur. Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Student Centered Learning Berbasis Classroom Blogging Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Jakarta: UPI, 2011
Harsono. Student Centured Learning di Perguruan Tinggi, Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia. Vol 3, No 1
Karsen, Karakteristik Pembelajaran Student Centered Learning. Tersedia pada http://www.psychologymania.com/2013/01/karakteristik-pembelajaran -student.html. /9diakses padatanggal 03 mei 2023
Kustijono, Rudi. Implementasi SCL (Student Centered Learning) Dalam Praktikum Dasar. Jurnal Penelitian. Jurusan Fisika Unesa, 2011
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi
Rasiban, Linna Meilia. Penerapan Student Centre Learning (SCL) Melalui Metode Mnemonic Dengan Teknik Asosiasi Pada Mata Kuliah Kanji Dasar. Jurnal: Pendidikan bahasa jepang FPBS UPI. Vol 13, No 2
Rosyada, Dede, Student Centre Learning.Tersedia pada http://dederosyada.lec.uinjkt.ac.id/reviews/studentcenteredlearning diakses pada tanggal 03 juli 2023
Satriaman, dkk. Implementasi Pendekatan Student Centered Learning Dalam Pembelajaran IPA dan Relevansinya Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia,Vol 1, No 1
Siradj, Yahdi. Implementasi SCL (Student Centre Learning) Pada Pembelajaran Kuliah Jaringan Komputer. Jurnal Parameter 2014. Vol 24, No 1
Siswono dkk. Student Centered Learning: Kunci Keberhasilan E-Learing, Makalah Sistem Informasi. Yogyakarta: Informatika, 2008
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2016
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2013
Tim penyusun. Dokumen Kebijakan dan Prosedur tentang Pedoman Pembelajaran dan Pengukuran CPL. Program Sarjana Teknik Mesin Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta, 2018.
Trinova, Zulvia. Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning Pada Materi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ta’lim. Vol 1,No 4.
Undang-undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Wardani Ni Putu. Konsep Pembelajaran SCL di Perguruan Tinggi, Program Studi: Pendidikan Kedokteran. Denpasar: Universitas Udayana, 2016