Pendampingan Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamiin (P5 dan P4R) Pada Guru Madrasah Tsanawiah di Lampung Timur
Abstract
Pendampingan penyusunan modul projek penguatan profil pelajar Pancasila dan rahmatan lil alamin di Madrasah Tsanawiyah Lampung Timur bertujuan untuk memberikan pengetahuan sekaligus praktik langsung penyusunan modul tersebut. Subjek dampingan terdiri dari 22 Madrasah Tsanawiyah di Lampung Timur. Pendampingan dilaksanakan dengan metode service learning sebanyak 4 kali pertemuan, yakni tim pendamping memberikan materi dan membimbing peserta untuk praktik menyusun modul projek P5 dan P4R. Hasil dari kegiatan pendampingan ini adalah berupa 6 modul projek P5 dan P4R yang kemudian dimasukkan dalam dokumen Kurikulum Operasional Madrasah serta diimplementasikan pada pembelajaran projek di Madrasah masing-masing.
References
Barizah Fajriyah Arief, dkk. Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Dirjen Pendis Kementrian Agama, 2022.
Irawati, Dini. dkk. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa,” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (March 1, 2022): 1224–38, https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.
Rizki Satria, dkk. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. BSKA, 2022.
Rusnaini, dkk. “Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa,” Jurnal Ketahanan Nasional 27, no. 2 (October 6, 2021): 230–49, https://doi.org/10.22146/jkn.67613.
Yogi Anggraena, dkk. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar, dan Menengah. BSKAP, 2022.
Zurni, dkk. Panduan Pengembangan KOM. Dirjen Pendis Kementrian Agama, 2022