PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN KEAGAMAAN ORANGTUA TERHADAP PENGAMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI SRIBHAWONO KECAMATAN BANDAR SRIBHAWONO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN 2021
Abstract
Abstrak
Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, pemerintah selama ini telah berusaha mengembangkan banyak program pendidikan yang melibatkan berbagai lembaga yang ada di dalam masyarakat, program pendidikan tersebut guna menjangkau seluruh warga masyarakat dari atas sampai lapisan paling bawah. Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan pendidikan yang amat mendasar, karena pada masa usia dini merupakan masa emas (golden age) dan peletak dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya. Pengertian Anak usia dini secara umum adalah anak-anak yang berusia di bawah 6 tahun. Anak pada usia 4 – 6 tahun atau usia Taman Kanak-kanak (pada jalur pendidikan formal sesuai dengan Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 pasal 28 tentang Pendidikan Anak Usia Dini), merupakan masa peka bagi anak, karena masa ini merupakan masa terjadinya pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi lingkungan dan menginternalisasikan ke dalam pribadinya. Masa ini merupakan masa awal perkembangan fisik, kognitif, bahasa, sosial, emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral, dan nilai-nilai agama. Oleh karena itu dibutuhkan suatu kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangan tercapai secara optimal (Kemendiknas, 2010). Salah satu sikap dasar yang harus dimiliki anak untuk menjadi manusia yang baik dan benar adalah memiliki sikap dan nilai moral yang baik dalam berprilaku sebagai umat Tuhan, anak, anggota keluarga dan anggota masyarakat. Usia di masa Pendidikan Anak Usia Dini adalah saat yang paling baik dan tepat untuk meletakkan dasar-dasar pendidikan nilai, moral, dan agama kepada anak. Walaupun peran orang tua sangatlah besar dalam membangun dasar moral dan agama bagi anak-anaknya, peran pendidik Pendidikan Anak Usia Dini juga tidaklah kecil dalam meletakkan dasar moral dan agama bagi seorang anak (Hidayat, 2007:38).
Downloads
References
Abdullah Nasihih ‘Ulwah, 2012 Tarbiyatul Aulad fil Islam, Tertemahan Arif Rahman hakim dkk, Insan
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto,
Azizah, Nur. 2013. Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau Dari Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Vol. III, No. 1, Maret 2015| 104 Education Studies (Online). Vol. 2 No. 1, (http://journal .unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces), diakses 28 Oktober 2014 Bergen, Doris. 2002. The Role of Pretend Playing Children's Cognitive Development. Early Childhood Research and Practice (Online), Vol.4, No.1 Creswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
“Beyond Centres and Circle Time (BCCT) dalam Pendidikan Anak Usia Dini”. Jakarta: Depdiknas Dhieni, Nurbiana. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Danes, Sharon M. 2014. “Children and Money: Teaching Children Money Habits for Life”. Paper published at extension youth and money resources, www.extension.umn.edu/family/personal-finance/youth-and-money/.
Dimyati. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Depdiknas. 2006. Pedoman Penerapan Pendekatan
Elvrida Sandra. 2013. Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Pemanfaatan Multimedia Interaktif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Musfiroh,
Essa, Eva L. 2011. Introduction to Early Childhood Education. Canada: Wadsworth Cengage Learning Garvey. 1990. Play: Developing Child. Massachusetts: Harvard University Press. Hurlock, Elizabeth. 2010. Perkembangan Anak Jilid I Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga Jackman,
Hilda L.2010. Early Education Curriculum. Canada: Wadsworth Cengage Learning Matondang,
Kamil Solo Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Arifin, Zaenal. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendikia.
Nasution. 2008. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara. Patmonodewo,
Nurani. 2013a. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: PT Indeks
Soemiarti. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Runtukahu, Tombokan. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Sagala,
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sujiono, Yuliani
Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Asmawati, Luluk. 2008. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sumarsono, Sonny. 2004. Metode Riset Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid I Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.
Takdirotun. 2011. Bermain Untuk Pengembangan Aspek Bahasa dan Motorik, Pesona PAUD Volume 1. Yogyakarta: UNY. Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.