MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI LITERASI DIGITAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Bahasa merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan hal ini termasuk Bahasa asing yaitu Bahasa Inggris. Penguasaan komponen Bahasa yang masih rendah yaitu kosakata Bahasa Inggris. Hal ini karena kurangnya media pembelajaran Bahasa Inggris yang digunakan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kosakata Bahasa Inggris melalui literasi digital pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan untuk mengetahui peningkatan kosakata anak dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Objek pada penelitian ini Anak dengan usia 5-6 tahun berjumlah 20 orang anak di TK Pertiwi Sribhawono kemudian kosakata Bahasa Inggris dan liretasi digital berperan sebagai objek. Penelitian ini membuktikan bahwa: 1) penguasaan kosakata bahasa Inggris anak pada awal pra siklus yaitu 20%, ini membuktikan penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak masih sangat rendah dan belum berkembang. 2) ada peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak setelah penggunaan media literasi digital yaitu dari 20% menjadi 80%. Hal ini menunjukkan bahwa dari penelitian yang dilakukan mencapai peningkatan keberhasilan secara klasikal.
Downloads
References
Astari, Tania Yuli, Upik Elok Endang Rasmani, and Nurul Kusuma Dewi. “Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini” 8, no. 2 (2020).
Eryanti, Eryanti, Arta Uly Siahaan, and Maria Maria. “Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pengenalan Anggota Tubuh Berbasis Multimedia Interaktif.” JOURNAL OF DIGITAL EDUCATION, COMMUNICATION, AND ARTS (DECA) 1, no. 1 (February 9, 2018): 55–64. https://doi.org/10.30871/deca.v1i1.639.
Etnawati, Susanti. “Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan 22, no. 2 (January 26, 2022): 130–38. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824.
Harjono, Hary Soedarto. “Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa.” Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 8, no. 1 (April 24, 2019): 1–7. https://doi.org/10.22437/pena.v8i1.6706.
Hasibuan, Humaidah Br, Zulkipli Nasution, and Miftahul Zannah. “Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Menggunakan Media Audio Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Babussalam.” JURNAL RAUDHAH 9, no. 1 (March 8, 2021). https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.943.
Khairi, Husnuzziadatul. “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun” 2 (n.d.): 2.
Manshur, Umar, and Maghfur Ramdlani. “Media Audio Visual Dalam Pembelajaran PAI” 5 (2019).
Naufal, Haickal Attallah. “Literasi Digital.” Perspektif 1, no. 2 (October 31, 2021): 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32.
Rahayu, Rian Sri. “Studi Literatur: Peranan Bahasa Inggris Untuk Tujuan Bisnis dan Pemasaran” 1 (2018).
Rahmah, Nur, Muh Tahir, and Ahmad Talib. “The Effect of Vocabulary Mastery on Students’ Reading Comprehension.” Reading Comprehension 2, no. 1 (2023).
Ranuntu, Garryn C, and Golda J Tulung. “Peran Lagu Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Tingkat Dasar” 4 (2018).
Restianty, Ajani. “Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media.” Gunahumas 1, no. 1 (February 19, 2018): 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380.
Saputro, Kuncoro Adi, Christina Kartina Sari, and Sw Winarsi. “Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 5 (June 23, 2021): 1910–17. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.690.
Tri Widyahening, Christiana Evy, and Mh Sri Rahayu. “Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Cerita Rakyat bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 5, no. 1 (January 30, 2021): 108. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.913.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Zainuddin, Nurjannah. “Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris melalui Media Handbook pada Siswa Kelas IX SMP Cokroaminoto Palopo.” Jurnal Dieksis Id 1, no. 2 (December 31, 2021): 59–68. https://doi.org/10.54065/dieksis.1.2.2021.81.
Copyright (c) 2024 Elly Purwanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.