About the Journal

1. Deskripsi Singkat

As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan, p-ISSN: 2089-6638; & e-ISSN: 2461-0232 adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh LPPM STAI Darussalam Lampung, Terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini memfokuskan cakupannya pada isu-isu Hukum Islam dan Pendidikan. Kami mengundang para ilmuwan, cendekiawan, peneliti, serta profesional di bidang Hukum Islam dan Pendidikan untuk mempublikasikan penelitian mereka di Jurnal kami. Jurnal ini menerbitkan penelitian empiris dan teoritis berkualitas tinggi yang mencakup semua aspek Hukum Islam dan Pendidikan.

2. Fokus & Scope

A. Hukum Islam mencakup:

  1. Hukum Keluarga
  2. Hukum Ekonomi Islam
  3. Pemikiran Hukum Islam

B. Pendidikan mencakup

  1. Kurikulum Pendidikan; Kualitas, Evaluasi, Inovasi
  2. Pendidikan Islam; Pesantren, Madrasah
  3. Pendidikan dan Sains; TIK, Filsafat
  4. Pendidikan dan Transformasi Sosial; Gender, Perbandingan Pendidikan
  5. Kepemimpinan Pendidikan; Manajemen, Kebijakan, Tokoh

Serta dimensi lainnya yang berhubungan dengan Hukum Islam dan Pendidikan. 

3. Visi Jurnal

"Menjadi media publikasi nasional terbaik pada ranah Hukum Islam dan Pendidikan"

4. Sejarah Jurnal

As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan didirikan pada Pada tahun 2012 tersedia dalam versi cetak saja; kemudian Pada tahun 2015, As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan mulai merintis jurnal online dengan memanfaatkan Open Journal System (OJS 2) dengan url: https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/assalam meskipun platform ini hanya baru dimanfaatkan sebagai media publikasi saja belum pada ranah Busines Manajemen Journal.

Pada tahun 2016, As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan mulai mendaftarkan pada Lembaga pengindex jurnal seperti Moraref, Google ScholarPortal Garuda, Onesearch dan lain-lain guna mengoptimalkan penyebarluasan artikel ilmiah untuk dapat lebih banyak menjangkau pembaca.

Pada tahun 2017 - 2018 team redaksi As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan, memperbaiki lay out As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan sedikit demi sedikit ditransformasikan sesuai standar yang diberikan oleh LIPI dan Ristekdikti guna menstandarkan penyajian artikel ilmiah pada arah yang lebih baik.

Pada tahun 2019-2020 team redaksi As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan, mengupgrade OJS ke versi 3 dengan harapan tampilan OJS lebih Userfriendly pada semua pengguna website As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan, serta mempersiapkan Akreditasi pada sinta dengan memperbaiki tampilan OJS dan kualitas artikel yang diterbitkan pada As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan, dengan target dapat terakreditasi SINTA 4 dan semoga hal ini dapat terwujud, Amiin.

5. Rencana Pengembangan Journal 

Team redaksi As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan, memiliki rencana pengembangan dan peningkatan kualitas As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan, yang dilakukan dengan perencanaan sebagai berikut:

  1. Maksimal setiap 2 tahun As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan, berupaya untuk menaikkan grade SINTA satu level lebih tinggi dari sebelumnya;
  2. Maksimal tahun 2025 As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan, berupaya untuk menduduki grade SINTA 2;
  3. Maksimal tahun 2030 As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan, berupaya untuk menduduki grade SINTA 1 & Terindeks Scopus.

Dalam mewujudkan rencana di atas team redaksi As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan, melakukan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya ialah:

  1. Menjalin komunikasi dengan Relawan Journal Iindonesia (RJI)   untuk menambah wawasan dan pengalaman manajerial pengelolaan journal ilmiah yang baik dan benar serta terprogram;
  2. Menjalin kerjasama & Hubungan baik dengan pengelola journal bereputasi Nasional dan Internasional guna mendapatkan suntikan pengetahuan dan pengalaman serta motivasi dalam pengelolaan journal ilmiah;
  3. Mengikuti workshop pengelolaan journal baik bertaraf nasional maupun internasional;
  4. Melakukan evaluasi diri miksimal setiap satu tahun sekali
  5. Mengembangkan perencanaan pengembangan journal kedepan dengan memperhatikan alur dan ritme pengelolan journal yang sedang berkembang.