PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATICS (STEAM) DARI BAHAN LOOSE PARTS PADA GURU PAUD SE-KECAMATAN MATARAM BARU KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

  • Elly Purwanti STAI Darussalam Lampung
  • Sefriyanti STAI Darussalam Lampung
  • Siti Khomsiyati STAI Darussalam Lampung
Keywords: Pemanfaatan Media, STEAM, bahan Loose Parts

Abstract

Pembelajaran STEAM merupakan sebuah inovasi untuk menghadapi era revolusi indusrtri, maka guru dalam hal ini memanfaatkan berbagai media yang dapat menunjang pembelajaran salah satunya yakni pemanfaatan Loose Parts pada anak usia dini. Adanya pelatihan dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis STEAM dari bahan Loose parts pada guru PAUD dikecamatan Mataram Baru ini dimaksudkan untuk membantu guru dalam membuat bahan ajar dan cara pemanfaatannya pada lembaga yang sudah mulai menerapkan kurikulum merdeka. Pelaksanaan pengabdian ini ada beberapa tahap kegiatan yaitu guru diberikan materi tentang konsep STEAM dari bahan Loose Parts, kemudian ada sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan pemberian tugas kelompok praktek membuat bahan ajar serta mempresentasikan hasilnya. Contoh dari Loose Parts untuk STEAM yang pertama yaitu membuat bunga dari daun, sedotan bekas, botol dan tutup bekas, serta cangkah seafood. Kedua, membuat gambar kelinci dari sedotan bekas, kertas bekas undangan, dan cangkang telor. Ketiga, membedakan warna dengan tutup botol bekas, sedotan, stik bekas eskrim dan kardus bekas. Metode STEAM  mendorong anak untuk membangun pengetahuan tentang dunia di sekeliling mereka melalui mengamati, bertanya, dan juga menyelidiki, dengan begitu anak akan mudah untuk meningkatkan daya kreativitasnya ketika bermain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusniatih, Andi, and Sri Muliana R. “Implementasi Pembelajaran STEAM Melalui Kegiatan Fun Cooking Sebagai Pembelajaran Abad 21” 6, no. 6 (2022). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3418.
Damayanti, Anita, Sriyanti Rahmatunnisa, and Lia Rahmawati. “Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Steam Dengan Media Loose Parts.” Jurnal Buah Hati 7, no. 2 (2020). https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1124.
Dewi, Kurnia. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 1 (2017). https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489.
Eka Retnaningsih, Lina, and Khairiyah Ummu. “Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Program Studi PGRA 8, no. 1 (2022).
Retnowati. “Peningkatan Kemampuan Kreatifitas Anak Mengaplikasikan Alat Peraga Edukatif Menggunakan Metode Loose Parts.” Jurnal Educatio 7, no. 2 (2021). https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1095.
Siantajani, Yuliati. Loose Parts : Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang: PT. Sarang Seratus Aksara, 2021.
Syafi’i, I, and N D Dianah. “Pemanfaatan Loose Parts Dalam Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini.” Aulada: Jurnal Pendidikan Dan …, 2021. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/1203.
Syukri. “Peran Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Al Abyadh 4, no. 1 (2021).
Zubaidah, S. “STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran Untuk Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21.” Seminar Nasional Matematika Dan Sains …. researchgate.net, 2019.
Published
2023-10-28
How to Cite
Elly Purwanti, Sefriyanti, and Siti Khomsiyati. 2023. “PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATICS (STEAM) DARI BAHAN LOOSE PARTS PADA GURU PAUD SE-KECAMATAN MATARAM BARU KABUPATEN LAMPUNG TIMUR”. Jurnal Peduli : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (1), 53-67. https://doi.org/10.51226/pdl.v3i2.520.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>