PELATIHAN KEGIATAN PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS ANAK USIA DINI PADA IKATAN GURU RAUDHATUL ATHFAL (IGRA) KECAMATAN MATARAM BARU KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

  • Sefriyanti Sefriyanti STAI Darussalam Lampung
  • Siti Khomsiyati STAI Darussalam Lampung
  • Elly Purwanti STAI Darussalam Lampung
Keywords: Kegiatan Pembelajaran, Literasi, Baca Tulis

Abstract

Kegiatan pembelajaran literasi sangat penting dikembangkan pada anak, agar menstimulasi cinta literasi sejak dini. Namun peran guru menentukan keberhasilan perkembangannya khususnya kemampuan literasi baca tulis melalui kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Adanya pelatihan kegiatan literasi baca tulis melalui bermain pada guru IGRA di Kecamatan Mataram Baru bertujuan untuk membantu para guru agar lebih memahami dan mampu mengimplementasikan kegiatan baca tulis melalui bermain yang bermakna sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangan anak usia dini. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini melalui beberapa tahapan diantaranya yaitu tim pendamping memberikan materi mengenai konsep literasi bagi anak usia dini, kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok praktek membuat ragam main kegiatan baca tulis menggunakan bahan bekas atau bahan loose parts serta mempresentasikan hasilnya. Adapun hasil yang didapat dari kegiatan tersebut diantaranya menyusun huruf dan kata dengan biji-bijian, flashcard kata dengan tutup botol, bercerita tentang topik dibahas, bernyanyi dan lain-lainnya. Kegiatan literasi baca tulis melalui bermain selain meningkatkan kemampuan keaksaraan juga mampu meningkatkan kreativitas, pemecahan masalah dan kemampuan anak untuk berpikir logis, dikarenakan anak terbiasa distimulasi untuk berpikir melalui kegiatan yang melibatkan seluruh indra anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyanti, Siska, and Ema Aprianti. “Dampak Penyelenggaraan Aktivitas Baca, Tulis Dan Hitung (Calistung) Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 6, No. 4 (2023).
Basyiroh, Iis. “Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini.” Jurnal Tunas Siliwangi 3, no. 2 (2017).
Christianti, Martha. “Membaca Dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 2, no. 2 (2013). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042.
Dini, Direktorat Pendidikan Anak Usia. “Pra Literasi Untuk Anak Usia Dini.” PAUD Pedia, 2023.
Husnaini, Nani. “Identifikasi Pola Pengenalan Literasi Pada Anak Usia Dini Di Kota Mataram.” Jurnal Pendidikan Anak 7, no. 1 (2018). https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24443.
Muryani, Arlis, Akhmad Khusni Mubaroq, and Maria Denok Bekti Agustiningrum. “Dampak Belajar Dari Rumah (BDR) Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Anak Usia Dini.” Sentra Cendekia 3, no. 1 (2022).
Nahdi, Khirjan, and Dukha Yunitasari. “Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan Dalam Membaca Permulaan.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2019). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372.
Ningrum, Wahyu Relisa, and Sri Muliati Abdullah. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Anak Usia Dini Melalui Aplikasi ‘Y.’” Proceeding Prosiding Conference Of Elementary Studies, 2021, 390–402. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/7893.
Nurhayani, Nurhayani, and Nurhafizah Nurhafizah. “Media Dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini Di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh.” Jurnal Basicedu 6, no. 6 (2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3598.
Permatasari, Tisya, and Susijati. “Scribbling Stage Sebagai Basic Writing Step Untuk Mengembangkan Kemampuan Menulis Anak Usia Dini.” Enggang : Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni Dan Budaya 3, no. 1 (2022).
Rohma, Diah Nur. “Penerapan Literasi Dasar Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Kartu Kata Bergambar Pada Kelompok B Di TK Dharma Wanita 68 Kaliploso Cluring Banyuwangi.” Jember, 2022.
Sondang Maria Jacqueline silaen. Bermain Anak Usia Dini. Ponorgo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2022.
Zati, Vidya Dwi Amalia. “Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini.” Bunga Rampai Usia Emas 4, no. 1 (2018).
Published
2024-04-29
How to Cite
Sefriyanti, Sefriyanti, Siti Khomsiyati, and Elly Purwanti. 2024. “PELATIHAN KEGIATAN PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS ANAK USIA DINI PADA IKATAN GURU RAUDHATUL ATHFAL (IGRA) KECAMATAN MATARAM BARU KABUPATEN LAMPUNG TIMUR”. JURNAL PEDULI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (2), 56-69. https://doi.org/10.51226/pdl.v3i2.668.
Section
Articles