PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA VIDEO KARTU PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI DI KEC. SADAR SRIWIJAYA LAMPUNG TIMUR

  • Elly Purwanti STAI Darussalam Lampung
  • Laila Nursafitri STAI Darussalam Lampung
  • Fitriyah STAI Darussalam Lampung
Keywords: Kata Kunci: Media Video, Bahasa Inggris, Anak Usia Dini

Abstract

Abstrak
Bahasa merupakan unsur penting dalam kehidupan manusia. Melalui berbahasa anak akan
dapat mengembangkan kemampuan sosial (social skill) dengan orang lain. Anak-anak belajar
bahasa seiring dengan pengembangan kemampuan kognitif lainnya. Kegiatan ini bertujuan
untuk meningkatkan keterampilan guru mengembangkan media pembelajaran dan
menghasilkan media video kartu pembelajaran bahasa Inggris anak usia dini. Lembaga mitra
terdiri dari Kober Sriwijaya, PAUD Mekar Jaya dan PAUD Baitul Ilmi. Metode yang
digunakan yaitu: (1) pemetaan masalah, (2) persiapan kegiatan, (3) pelaksanaan kegiatan, (4)
monitoring, dan (5) evaluasi kegiatan. Kegiatan ini menghasilkan tiga produk media video
kartu pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini. Berdasarkan hasil evaluasi ditemukan
beberapa saran untuk kegiatan selanjutnya.

References

Daftar Pustaka
Fitriani, Elly, Muktiono Waspodo, and Masitowati Gatot. MONOGRAF MEDIA FLASH
CARD BACA KATA DIGITAL UNTUK ANAK USIA DINI. Widina Media
Utama, 2022. https://repository.penerbitwidina.com/id/publications/378906/.
Isna, Aisyah. “PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI.” Al Athfal : Jurnal
Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini 2, no. 1
(December 31, 2019): 62–69. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v2i1.140.
Kurniawaty, Lia, Indri Ristiani, Siti Reista Asih Apriliani, Gustini Gustini, Halim
Mahtu Sa’diyah, and Dian Rosdiana. “Penggunaan Video Pembelajaran bagi
Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Daring.” JURNAL PENGABDIAN
KEPADA MASYARAKAT 11, no. 1 (July 8, 2021): 64–69.
https://doi.org/10.30999/jpkm.v11i1.1295.
Ni’mah, Nurul Khosyamsiatun, Dini Rakhmawati, and Laksma Septi. “Upaya
Meningkatkan Perkembangan Bahasa dengan Media Video Pembelajaran pada
Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Dharma Wanita Karangsari.” Dimensi
Pendidikan 16, no. 2 (2020): 371271. https://doi.org/10.26877/dm.v16i2.7332.
Noermanzah. “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, Dan Kepribadian.”
Universitas Bengkulu, 2020.
https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:Uixz7xS3nxoJ:https:/
/osf.io/ez6dk/download+&cd=10&hl=id&ct=clnk&gl=id.
64
Nursafitri, Laila, Elly Purwanti, and Fitriyah Fitriyah. “Pelatihan Video Pembelajaran
Kreatif di Era New Normal bagi Guru PAUD di Kecamatan Tanjung Bintang,
Lampung Selatan.” Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas
Merdeka Malang 6, no. 1 (February 26, 2021): 35–42.
https://doi.org/10.26905/abdimas.v1i1.4919.
Sumaryanti, Lilis. “PERAN LINGKUNGAN TERHADAP PERKEMBANGAN
BAHASA ANAK.” Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman 7, no. 01
(July 4, 2017): 72–89.
Syafi’i, Imam, Chalimatus Sa’diyah, Elfa Wahyu Wakhidah, and Fiqi Maslakhatul
Umah. “Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa
Pandemi Covid-19.” Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 3,
no. 2 (December 21, 2020): 140–60.
https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7315.
Woolfolk, Anita. Educational Psychology. Thirteen Edition. Pearson Education
Limited, 2016.
Published
2022-06-04
How to Cite
Elly Purwanti, Laila Nursafitri, and Fitriyah. 2022. “PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA VIDEO KARTU PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI DI KEC. SADAR SRIWIJAYA LAMPUNG TIMUR”. PEDULI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (2), 56-65. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/peduli/article/view/364.