IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HUMANIS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SD ALAM AZ-ZAHRA WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR

  • Nur Indah Sari STAI Darussalam Lampung
  • fitriyah STAI Darussalam Lampung
Keywords: Pembelajaran Humanis, Karakter, Sekolah Alam

Abstract

Kemerosotan moral bangsa bisa dilihat dari semakin tingginya kasus kenakalan remaja karena belum diaplikasikannya nilai-nilai kemanusiaan dengan baik. Pemerintah dan rakyat Indonesia tengah berupaya mengimplementasikan pembentukan karakter dalam mempersiapkan tuntutan kehidupan di masa depan. Sekolah Dasar Alam Az-Zahra Way Jepara sebagai lembaga pendidikan hadir dengan konsep pembelajaran yang humanis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran humanis dalam membentuk karakter siswa  di SD  Alam Az-zahra Way Jepara Kabupaten Lampung Timur. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran humanis dalam membentuk karakter siswa di SD Alam Az-Zahra Way Jepara telah dimulai sejak pertama kali berdiri yaitu tahun 2016 melalui rumusan Visi SD Alam Az-Zahra : “Menghadapi sekolah yang humanis dalam mendampingi seiap anak menjadi bintang yang cerdas, beradab, ceria”. Proses pembentukan karakter di SD Alam Az-Zahra dilakukan melalui beberapa cara atau metode yaitu praktik di lapangan, pembiasaan, role model, dan hubungan kedekatan yang baik. Melalui pembelajaran yang humanis, guru berusaha memahami keunikan siswa. Karena guru beranggapan bahwa setiap siswa memiliki potensi berkembang dan aktual yang beraneka ragam dan siswa bebas mengembangan potensinya sehingga pembelajaran lebih berpusat pada siswa (student centered)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Zain Sarnoto Dan Mohammad Muhtadi, “Pendidikan Humanistik Dalam Perspektif Al-Quran,” Alim | Journal Of Islamic Education 1, No. 1 (2 April 2019): 21—46, Https://Doi.Org/10.51275/Alim.V1i1.118.

Alfita Choirun Amalia Dan Munawir Munawir, “Konsep Teori Belajar Humanistik Dalam Implementasi Nilai- Nilai Pendidikan Agama Islam,” Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak 3, No. 2 (2021): 183—96, Https://Doi.Org/10.31538/Aulada.V3i2.1880.

Anas Salahudin, Irwanto, Pendidikan Karakter “Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa” (Bandung: Pustaka Setia, 2013)
Aqib, Z. Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Yrama Widya. (2014).
Baharuddin, Moh. Makin, Pendidikan Humanistik (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014)
Chairul Anwar, Teori-Teori Pendidikan (Yogyakarta: IRCiSoD, 2017)
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008)

Doni Koesoema A., Pendidikan Karakter. Strategi Mendidik Anak di Zaman Global (Jakarta: Grasindo, 2007)

Fachul Muin, Pendidikan Karakter “Konstruksi Teoretik dan Praktik” (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011)
Munif Chatib, Sekolahnya Manusia (Bandung: Mizan Pustaka, 2014)
M. Sukardjo, Landasan Pendidikan (Konsep Dan Aplikasinya), (Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada, 2009)

M. bakri, Pendidikan Islam dalam Tantangan Globalisasi, (Tangerang Selatan: Nirmana MEDIA. 2017)
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010)

Rukin. Metode Penelitian Kualitatif edisi Revisi, ISBN:978-623-6955-89-5. (Penerbit CV. Jakad Media Publishing). 2021
Sidik, F. Pendidikan Humanis dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), (2016)

Sulasmi, E., Akrim, A., & Gunawan, G. (2019). Konsep Pendidikan Humanis dalam Pengelolaan Pendidikan di Indonesia. CV . Bildung Nusantara
Suyono & Haryanto, Belajar dan Pembelajaran “Teori dan Konsep Dasar” (Bandung: Rosda Karya, 2016)
Tobroni, Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis Dan Spiritualitas (Malang: Umm Press, 2008)
Published
2024-06-29
How to Cite
Nur Indah Sari, and fitriyah. 2024. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HUMANIS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SD ALAM AZ-ZAHRA WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR”. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 13 (1), 21-41. https://doi.org/10.51226/assalam.v13i1.673.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>