PENYULUHAN PARENTING BAGI WALI MURID: NILAI-NILAI KEAGAMAAN ANAK USIA DINI DI PAUD PERMATA BUNDA WAY JEPARA LAMPUNG
Abstract
Memberikan panduan kepada orangtua tentang pentingnya menanamkan nilai-nilai agama kepada anak-anak usia dini. Kurangnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan agama dan menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini sangat krusial untuk pembentukan kepribadian.
Metode yang digunakan terdiri dari pelatihan dan sosialisasi kepada para orang tua, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi mereka dalam pendidikan agama anak. Hasil yang diharapkan dari program ini mencakup peningkatan pemahaman orang tua tentang pentingnya nilai-nilai agama, peningkatan perhatian orang tua terhadap anak. Dengan kegiatan ini, penulis berharap dapat memotivasi orang tua untuk lebih aktif dalam mendidik anak dan mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari anak.
Downloads
References
Ahmad Haerudin, Dodi. 2021. Implementasi Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini.
Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi. Vol. 5 No. 2.
Departemen Agama RI.2000. Al-quran terjemahan kementrian agama, surat at- tahrim ayat 6.
Depdiknas. 2008Pengembangan Model Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak.
Jakarta: Depdiknas
Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini, Penerbit Alfabeta, Bandung.
Li, X. (2022). The Influence of Parenting Styles on Social-Emotional Competence of Children. 2022 5th International Conference on Humanities Education and Social Sciences (ICHESS 2022), h.1065–1072.
Najib, Muhammad., dkk. 2016. Manajemen Strategis Pendidikan Karakter bagi
Anak Usia Dini, Penerbit Gava Media, Yogyakarta.
Permata, Intan. 2019. Agama dan Cakupan Ilmu Agama Menurt W.B Sidjabat.
Jurnal Living Islam. Vol II. No. 2
Prasetya Edy urgensi penanaman Nilai-nilai keagaam pada anak usia dini, https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1379/, Diakses pada tanggal12 Juli
2024, Pukul 14.15 WIB.
Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Usia Dini, Pustaka Palajar, Yogyakarta.
Zuhairini. 2004. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.