K KONSEP PENDIDIKAN MADRASAH DI DALAM PESANTREN (STUDI PEMIKIRAN KH. HASYIM ASY’ARI)

1. Tujuan Pendidikan 2. Pendidik dan Akhlak Peserta Didik Pendidik 3. Kurikulum dan Metode Pendidikan Kurikulum 4. Evaluasi Pendidikan

  • Aris Nurul Muiz ANM 081572568698
Keywords: pendidikan, madrasah, pesantren, K.H. Hasyim Asy’ari, belajar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan madrasah di dalam pesantren menurut K.H. Hasyim Asy’ari, Penelitian ini merupakan penelitian kepustrakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah buku-buku tentang biografi K.H. Hasyim Asy’ari, buku karya K.H. Hasyim Asy’ari dan jurnal ilmiah. Kemudian data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada beberapa pemikiran yang ditawarkan oleh K.H. Hasyim Asy’ari yang identik dengan pengelolaan pendidikan madrasah di pesantren. Terdapat pada empat konsep : pertama, tujuan pendidikan adalah ibadah mengharap rida Allah Swt. untuk kebahagaian di dunia dan akhirat, mendidik calon ulama yang menguasiai pengetahuan umum (ulama intelektual) dan sarjana dalam bidang pengetahuan umum yang juga menguasai pengetahuan Islam (intelektual ulama). Kedua, Akhlak pendidik dan peserta didik. Ketiga, kurikulum dan metode pembelajaran  terkait pengetahuan agama dan pengetahuan umum/IPTEK, dengan metode wetonan dan sorogan, metode hapalan, muhawarat, dan metode mudhaharat. Keempat, evaluasi terkait tes lisan, tertulis, dan pengamatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muhakamurrohman, A. (1970). Pesantren: Santri, Kiai, Dan Tradisi. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 12(2), 109–118. https://doi.org/10.24090/ibda.v12i2.440
Faisal, F., Munir, M., Afriantoni, A., & Astuti, M. (2021). Pemikiran Pendidikan Pesantren K.H. Hasyim Asy’ari dan Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Intizar, 27(1), 45–56.
https://doi.org/10.19109/intizar.v27i1.8730
Hasyim, K. H., & Ari, A. S. Y. (n.d.). konsep pendidikan KH Hasyim Asy’ari secara umum. 1(1Hasyim, K. H., Ari, A. S. Y. (n.d.). konsep pendidikan KH Hasyim Asy’ari secara umum. 1(1), 37–45.), 37–45.
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8693/5/BAB III.pdf
Dwilaksono, E. F., Ulum, M. M., & Nuraini, N. (2020). PEMIKIRIAN KH.HASYIM ASY’ARI TENTANG PENDIDIKAN AKHLAK DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA (Telaah Kitab Âdâb al-‘Âlim wa al-Muta’allim). TARBAWI:Journal on Islamic Education, 1(1), 37.
https://doi.org/10.24269/tarbawi.v1i1.441
Mustaqim, I. N. (2019). Etika belajar dalam kitab Adabul Alim Wal Muta’alim karya KH Hasyim Asy’ari.
http://eprints.walisongo.ac.id/10485/
Kh, T., & Asy, M. H. (2015). REVIEW KAJIAN. Review Kajian Terhadap KH. M. Hasyim Asy’ari, 4(September 2015), 56–73. https://core.ac.uk/download/pdf/231312566.pdf

Krisdiyanto, G., Muflikha, M., Sahara, E. E., & Mahfud, C. (2019). Sistem Pendidikan Pesantren dan Tantangan Modernitas. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 11–21.
https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.337
Bunyamin, Y. (2017). Menalar NU (A. Rahman (ed.); Ed. 1 Cet.). Aswaja NU Center Tasikmalaya.



Hadratussyaikh K.H. Hasyim Asy’ari. (2018). Adabul al-Alim wal Muta’allim fi Ma Yajibu ilaihi al-Muta’allim fi Ahwali Ta’limihi wa Ma Yatawaqafu alaihi al-Mu’allim fi Maqomati Ta’limihi (T. P. Tebuireng (ed.); Cetakan III). Pustaka Tebuireng.
Published
2021-12-05
How to Cite
ANM, Aris Nurul Muiz. 2021. “K KONSEP PENDIDIKAN MADRASAH DI DALAM PESANTREN (STUDI PEMIKIRAN KH. HASYIM ASY’ARI)”. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 10 (02), 1-19. https://doi.org/10.51226/assalam.v10i02.263.