HAKIKAT, TUJUAN DAN FUNGSI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MODERN

  • Nita Zakiyah

Abstract

In fact, islamic education came by efforting to answer moslem’s issues,
especially for this era and for the next without skipping the reference to
guiding Al-Qur’an nad Sunnah. This case is being the main topic of this
study. On islam, an education is a derivation from the texts of Al-qur’an
and rasul’s Sunnah. So Islamic Education does not only for the secular
orientation, but also implements the useful education (ilm nafi’) in realizing
human character as khalifatulah. This conception is esence, tendention, and
function of islamic education in modern era which are based on greatness
of iliahiyah in humanistic dimension and sains in this modern era.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aly, Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, cet II, Jakarta:Logos Wacana Ilmu,

Amin, Muhammad, Konsep Masyarakat Islam: Usaha Mencari Identitas

Alam Era Globalisasi, Jakarta: Fikahati Aneka, 1992.

Ashraf, Ali, Horison Baru Pendidikan Islam, cet III, Jakarta: Pustaka Firdaus,

Arifin, H.M., Filsafat Pendidikan Islam, cet III, Jakarta:Bumi Aksara, 1993.

Abrasy, Mohammad Athiyah al-, Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam,

terj. Abdullah Zakiy al-Kaaf, Bandung: Pustaka Setia, 2003.

Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi dan

Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna,1968.

Madjid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT. Rosdakarya,

Marimba, D.Ahmad , Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Alma’arif, 1980.

Nahlawi, Abdurrahman an-, Pendidikan Islam Di Rumah, Sekolah, dan

Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press, 1996.

Nastir, M., Capita Selecta, Jakarta: W.Van Hoeve, 1954.

Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama,

Nugroho, Heru, “Mencari Legitimasi Akademik Ilmu Sosial Profetik,”

artikel Kedaulatan Rakyat, edisi 13 Desember 2007.

Quthb, Muhammad, Sistem Pendidikan Islam, terj. Salman Harun, Bandung:

PT Al-Ma’arif, 1984.

Shihab, Quraish, Membumikan al-Qur-an, cet II, Bandung: Mizan, 1992.

Soekanto, Soerjono , Pokok-pokok Sosiologi Hukum, Jakarta:Rajawali Pres,

Syaebany, Omar Muhammad Al-Touny al-, Falsafah Pendidikan Islam, Terj.

Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Syahputra, Iswandi, “Kode Etik Jurnalistik Profetik,” Makalah Pelatihan

Jurnalistik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007.

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Persepektif Islam, cet II, Bandung:

Remaja Rosdakarya, 1984.

Tim Dosen FIP IKIP Malang, Kapita Selekta-Pengantar Dasar-dasar

Kepribadian, Malang: IKIP Malang, 1981.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,

Widodo, Sembodo Ardi, Kajian Filosofis Pendidikan Barat dan Islam,

Jakarta: Nimas Multima, 2003.

Published
2012-04-16
How to Cite
Nita Zakiyah. 2012. “HAKIKAT, TUJUAN DAN FUNGSI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MODERN”. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 1 (1), 105-23. https://doi.org/10.51226/assalam.v1i1.27.