ANALISIS TERHADAP KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM SUPERVISI DAN EVALUASI SESUAI DENGAN PERATURAN PEMERINTAH (TERBARU)

  • Setiono IAIN PURWOKERTO

Abstract

Kompetensi kepala Sekolah dalam supervisi pengajaran mengikuti tahapan-tahapan. Tahap perencanaan awal, pelaksanaan observasi, dan tahap akhir (diskusi balikan). Teknik-teknik supervisi pengajaran yang digunakan oleh kepala sekolah adalah: 1) Teknik supervisi individu, 2) Teknik kelompok, 3) Supervisi klinis yaitu dengan kegiatan: tahap perencanaan awal, tahap pelaksanaan observasi, dan tahap akhir (diskusi balikan). Tindak Lanjut hasil supervisi Kepala Sekolah adalah melakukan pembinaan dan mengevaluasi berdasarkan catatan-catatan hasil kunjungan kelas terhadap guru setiap tahun, dan membuat program pembinaan guru pada tahun berikutnya. Kesempatan untuk ikut secara aktif dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP). Pelatihan-pelatihan baik yang dilakukan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat atau instansi lainnya. Hambatan-hambatan dalam pelaksanaan supervisi yang ditemui oleh Kepala Sekolah adalah: (a) Rendahnya kompetensi sebagian supervisor yang ditunjuk, (b) Adanya kegiatan di luar jadwal supervisi yang tidak direncanakan, dan (c) Sulit merubah kebiasaan lama. Dalam hal lain seperti hubungan komunikasi antara kepala Sekolah dan guru kadang-kadang terjadi sedikit otoriter.

References

Adams , H.P dan Dicky, F.G. Basic Principles of Supervision. New York : American Book Company, 1959.

Briggs, Thomas H and Joseph Justman. Improving Instruction Through Supervision.New York: The Nac Milland Company, 1954.

Fattah. KonsepManajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustakan Bani Quraisy, 2009.

Kholis, Nur. 2015. Tanggung Jawab Keluarga dalam Pendidikan (Analisis QS. Luqman Ayat 12-19 dan Al-Tahrim Ayat 6). Jurnal As-Salam Vol 4 No 1

___________. 2014. Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Aplikasi Shalat Fadhu Siswa. Jurnal As-Salam Vol 3 No 2

___________. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Iqro' Vol 2 No 1

___________. 2017. Pondok Pesantren Salaf Sebagai Model Pendidikan Deradikalisasi Terorisme. Jurnal Akademika Vol 22 No 1

Mukhtar dan Iskandar. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Perdasa Press, 2009.

Purwanto, M.Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya,2005.

Sagala, Syaiful.Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sahertian, Piet A. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan: dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Suharsimi Arikunto. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.

Sri, Takarini. Supervisi Akademik 5W&1H. Salatiga: Griya Media, 2016.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyudi. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2009.

Wiles, Kimball. Supervision of Better Schools, Third Edition. New York: Prentice Hall Inc, Englewood Cliffs.

Published
2017-10-16
How to Cite
Setiono. 2017. “ANALISIS TERHADAP KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM SUPERVISI DAN EVALUASI SESUAI DENGAN PERATURAN PEMERINTAH (TERBARU)”. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 6 (2), 149-60. http://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/assalam/article/view/86.