PENDIDIKAN AGAMA PERSPEKTIF TEOLOGI ISLAM DAN BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan Agama Islam dalam perspektif teologis Islam dan dunia Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk melakukan eksplorasi informasi terkait tema sentral teologi Pendidikan Agama Islam. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh data penelitian bahwa pendidikan model barat tidak memiliki ruang konsepsi kehendak Tuhan, keridhaan Tuhan, konsepsi penghambaan manusia pada Tuhan, apalagi konsepsi tentang kehidupan pasca dunia. Pandangan Barat lebih mengena pada kepentingan humancentris tanpa berusaha untuk mengaitkannya dengan intervensi Realitas Tertinggi. Hal ini menyebabkan pendidikan mengantarkan manusia menjadi materalistik, hedonistik, pragmatis, dan terkadang jatuh pada lembah ateistik. Akibatnya eksistensi kejiwaan, credo, dan spiritual tidak terjamah sehingga manusia menjadi risau, resah, dan gelisah akibat pemujaan atas hasil pikir manusia. Sedang pendidikan dalam sudut pandang Islam terutama yang ditopang pemahaman teologis, memberikan pencerahan bagi permasalahan pendidikan. Islam bukan berarti tidak memandang secara optimal kemampuan manusia, namun dibalik semua itu ketercapaian kemajuan manusia sebagai hasil proses pendidikan tetap berada pada koridor relasi dan keterlibatan Tuhan.
Downloads
References
Ahmad Hanafi, Teologi Islam (Ilmu Kalam), Cet. XII; Jakarta: Bulan Bintang, 2001.
Amin Abdullah, Studi Agama; Normativitas atau Historisitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
Asy-Syahrastani, al-Milal wa al-Nihal diterjemahkan oleh Asywadie Syukur, Surabaya: PT.Bina Ilmu, 2017.
Azyumardi Azra, Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Cet. I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Harun Nasution, Islam Rasional Gagasan dan Pemikiran, Cet. IV; Bandung: Mizan, 1996.
Hujair A.H Sanaky, Pemikiran Pembaruan Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Masyarakat Madany Di Indonesia, Desertasi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2012.
Khaeruddin, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. II; Makassar: Yayasan Pendidikan Fatiya Makassar, 2004.
Maftuh, Kebijakan Politik Hindia Belanda Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Islam (1900-1942), Tesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2009.
Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur Dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, desertasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 1994.
Muhaimin dan Jusuf Muzakkir, Kawasan dan Wawasan Islam, Jakarta : Prenada, 2005.
Nasikhin, Cantika, Analysis of Complilance Companiesin Paying BPJS Employment Contribution, Jurnal Bertuah: Jurnal Syariah dan Ekonomi Islam, Vol. 3. No. 1.
Nasikhin, Penelitian Pendidikan, Semarang: Tiga Saudara, 2019.
Nurcholish Madjid, Islam Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan, dan Kemodernan, Jakarta : Yayasan Wakaf Paramadina, 1992.
Poppy Pritasari Prasetya, Marwan Sileuw, Didik Efendi, Strategi Internalisasi Karakter Religius Peserta Didik Di Sdit Qurrota A’yun Abepura Kota Jayapura Melalui Islamic Culture, Jurnal WANIAMBEY : Journal of Islamic Education, Vol. 2 No. 2, Desember 2021.
Rudi Ahmad S., Mengusung Pendidikan Islam Persfektif Teologis, Jurnal Pendidikan Islam Ta’lim Vol 12 No 02.
Suroya Kiswati, Aljuwaeni Peletak Dasar Teologi Rasional Dalam Islam, Gelora Aksara Pertama, 2019.
Copyright (c) 2022 nasikhin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.