TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KONSEP PELAYANAN RESTORAN KAREN’S DINER DI INDONESIA
Abstract
Belakangan terdapat sebuah konsep pelayanan di restoran Karen’s Diner yang dianggap bertolak belakang dengan konsep pelayanan restoran pada umumnya di Indonesia. Dalam melayani pelanggan, para pelayan Karen’s Diner bersikap arogan dan tidak ramah. Padahal, Islam menganjurkan bersikap ramah dalam menjalankan aktivitas bisnis. Penelitian ini secara spesifik bertujuan mendiskusikan konsep pelayanan Karen’s Diner dalam perspektif hukum Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kepustakaan. Studi kepustakaan dilakukan dengan melakukan pencarian terhadap berbagai sumber tertulis seperti buku, arsip, majalah, artikel-jurnal, atau dokumen-dokumen yang relevan dengan permasalahan yang dikaji. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis-deskriptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep Pelayanan Karen’s Diner di Indonesia dapat disimpulkan absah dari kacamata fikih muamalat, sepanjang syarat dan rukun jual belinya sudah terpenuhi dengan baik dan benar, serta sudah dapat dipastikan objek yang diperjualbelikan tidak mengandung unsur haram-najis menurut syariat Islam. Konsep pelayanan ala Karen’s Diner menjadi bermasalah ketika dilihat dari perspektif etika bisnis Islam. Etika bisnis Islam bukan semata-mata tentang keabsahan akad, melainkan juga menyangkut aspek estetika yang meliputi keindahan, keramahan, kesopanan, dan cinta kasih kepada sesama. Konsep pelayanan Karen’s Diner bukan tidak mungkin membuat generasi bangsa beranggapan bahwa cara-cara yang kasar merupakan budaya masyarakat Indonesia yang dapat dilestarikan dalam dunia bisnis.
Downloads
References
Anindya, Desy Astrid. “Pengaruh Etika Bisnis Islam terhadap Keuntungan Usaha pada Wirausaha di Desa Delitua Kecamatan Delitua”, At-Tawassuth, Vol. II, No. 2, 2017.
Agoes, Sukrisno dan I Cenik Ardana, Etika Bisnis dan Profesi, Jakarta: Salemba Empat, 2014.
Aziz, Abdul. Etika Bisnis Perspektif Islam: Implementasi Etika Islami untuk Dunia Usaha, Cet. I, Bandung: Alfabeta, 2013.
Akhyar, Taufik. “Melayunya Etika Bisnis dalam Masyarakat Islam Melayu Nusantara”, Wardah: No. XXIX/ Th. XVI/, Juni 2015.
Alawia, Citra Shiva. “Konsep Pelayanan Karen's Diner, Apakah Tepat dengan Budaya Indonesia?”, dalam https://www.kompasiana.com/citraalawia/63b5a70508a8b50ba854dc22/konsep-pelayanan-karen-s-diner-apakah-tepat-dengan-budaya-indonesia?page=all#section1, akses pada 10 Mei 2021.
Arifin, Johan. Etika Bisnis Islami, Semarang: Walisongo Press, 2009.
Badroen, Faisal. Etika Bisnis dalam Islam, Jakarta: Kencana, 2006.
Dewantara, Agustinus Wisnu. Filsafat Moral: Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia, Yogyakarta: Kanisius, 2017.
Fajrina, Hani Nur. “Mengulik Arti “Karen” di Karen’s Diner, Restoran Viral dengan Pelayanan Judes, dalam https://uzone.id/keren-siswa-asal-cimahi-ciptakan-kandang-ayam-berbasis-iot, akses pada 10 Mei 2021.
Hardiati, Neni dan Ayi Yunus Rusyana, “Etika Bisnis Rasulullah SAW sebagai Pelaku Usaha Sukses dalam Persfektif Maqashid Syariah”, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 7, No. 01, (2021).
Hasan, Akhmad Farroh Hasan. Fiqh Muammalah dari Klasik hingga Kontemporer (Teori dan Praktek, Malang; UIN-Maliki Press, 2018.
Hamah, Yaksan dan Hamzah Hafid, Etika Bisnis Islam, Cet. 1, Makassar; Kretakupa Print, 2014.
Hasan, Ali. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, Cet. Ke-II, Yogyakarta: Penerbit CAPS, 2014.
Hasan, Muhammad dkk. Etika Bisnis: Konsep, Teori, dan Isu-Isu Kontemporer, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.
https://kumparan.com/berita-terkini/apa-itu-karen-diner-ini-dia-ulasan-lengkap-restoran-yang-lagi-viral-1zTEAVZwcuE/full, akses pada 10 Mei 2021.
https://store.sirclo.com/blog/karens-diner-jakarta/#:~:text=Karen's%20Diner%20resmi%20membuka%20cabang,%2C%20Kebayoran%20Baru%2C%20Jakarta%20Selatan., akses pada 10 Mei 2021.
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5156439/pelayan-karens-diner-jakarta-dianggap-body-shaming-simak-aturan-nyinyir-yang-diterapkan-restoran-viral-ini, akses pada 10 Mei 2021.
https://kumparan.com/kumparanfood/daftar-menu-karens-diner-indonesia-lengkap-dengan-harganya-1zUIa8p5FiY/3, akses 10 Mei 2021.
https://lifestyle.sindonews.com/read/972947/185/pelayan-karens-diner-jakarta-dinilai-body-shaming-netizen-sebut-tak-sesuai-adab-dan-sopan-santun-1671412337, akses pada 10 Mei 2021.
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5156439/pelayan-karens-diner-jakarta-dianggap-body-shaming-simak-aturan-nyinyir-yang-diterapkan-restoran-viral-ini. diakdes pada 21/02/2022, Pukul 20;00.
https://entrepreneur.bisnis.com/read/20221114/263/1597853/profil-bisnis-restoran-karens-diner-pemilik-dan-peluang-kemitraannya. Diakdes pada 21/02/2022, Pukul 20;00.
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221220114957-262-889633/tuai-kritikan-netizen-ini-serba-serbi-karens-diner-yang-bikin-emosi.
Juliyani, “Etika Bisnis dalam Perspektif Islam”, Jurnal Ummul Qura, Vol. 7, No. 1, 2016.
Kasmir dan Jakfar, Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: Kencana, 2012.
L, Whitney F. The Elements of Resert Asian Eds, Osaka: Overseas Book Co, 1960.
M. S, Syaifullah. “Etika Jual Beli dalam Islam”, Hunafa: Jurnal Studia Islamika, Vol. 11, No. 2, Desember 2014.
Masykuro, Nihayatul. Etika Bisnis Islam, Banten; Media Karya Publishing, 2020.
Ruslang dkk, “Etika Bisnis E-Commerce Shopee Berdasarkan Maqashid Syariah dalam Mewujudkan Keberlangsungan Bisnis”, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 6, No. 03, 2020.
Syahputri, Tyas Fariha dan Sri Abidah Suryaningsih, "Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Transaksi Jual Beli Sembako di Pasar Kedurus Surabaya", Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, Vol. 5, No. 1, Tahun 2022.
Syaikhu, H. dkk, Fikih Muamalah (Memahami Konsep dan Dialektika Kontemporer, Yogyakarta: Penerbit K-Media, 2020.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Mitra Wacana Merdeka, 2015.
Tiakoly dkk, “Penerapan Etika Bisnis Islam pada Usaha Pedagang Barang Campuran di Pasar Tradisional Gamalama”, Iqtisaduna, Vol. 5, No. 1, 2019.