PERAN HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Tulisan ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menggambarkan pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan metode hypnoteaching. Hypnoteaching adalah sebuah keahlian memahami peran pikiran sadar dan pikiran bawah sadar peserta didik yang dikemas dalam penyampaian pesan yang diucapkan atau diberikan pendidik kepada peserta didik agar tujuan pembelajaran tercapai. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif studi pustaka dengan data diperoleh dengan cara dikumpulkan melalui berbagai macam sumber pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode hypnoteaching dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat sesuai untuk digunakan dalam memberikan materi-materi yang bersifat keimanan atau tauhid dan akhlaq.
Kata Kunci: Hypnoteaching, pendidik, peserta didik, pendidikan agama Islam
Downloads
References
Agus Setiawan, Bahar. “Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Aktifitas Belajar Dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Al-Islam Di SMP Muhammadiyah 1 Jember.” Tarlim 1, no. 1 (2018).
Agustina, Juaidah, and Tarmizi Mairu. “Metode Hypnoteaching Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Mahasiswa.” Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan 16, no. 3 (September 13, 2018): 366–75. https://doi.org/10.31851/WAHANADIDAKTIKA.V16I3.2111.
Amalia, Rizki, Muhammad Zaki, and Sofiyan Sofiyan. “Pendampingan Anak-Anak Usia Sekolah Dalam Rangka Implementasi Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Di Kuala Langsa.” Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA 3, no. 2 (October 1, 2019): 80–88. https://doi.org/10.21831/JPMMP.V3I2.23679.
Aminah, Siti, Ita Chairun Nissa, and Eliska Juliangkary. “Pengaruh Penggunaan Hypnoteaching Pada Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Utan Tahun Pelajaran 2015/2016.” Media Pendidikan Matematika 5, no. 1 (March 20, 2018): 11–15. https://doi.org/10.33394/MPM.V5I1.496.
Amrulloh, M. “Penggunaan Metode Hypnoteaching Dalam Pembelajaran Tari Sigeh Penguten Pada Ekstrakurikuler Di SD Negeri 1 Pringsewu Barat.” Jurnal Seni Dan Pembelajaran 8, no. 2 (2020). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSP/article/view/19839.
As, Kasan. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai) Menggunakan Metode Hypnoteaching Bagi Siswa Kelas VII C SMPN 1 Limbangan Kabupaten Kendal Tahun 2016/2017.” Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 1, no. 1 (February 15, 2018): 22–40. https://doi.org/10.30659/JSPI.V1I1.2428.
Cahya Maulidiyah, Eka, and Ruqoyyah Fitri. “Penggunaan Metode Hypnoteaching Menggunakan Permainan Kartu Hebat Terhadap Kemampuan Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun.” Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2 (January 31, 2023): 93–115. https://doi.org/10.53977/KUMAROTTAMA.V2I2.689.
Darmawan, Indra, Burhanudin Tolla, and Yetti Supriyati. “Meta Analisis Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Beberapa Hasil Pembelajaran.” Jurnal Evaluasi Pendidikan 12, no. 1 (March 3, 2021): 1–5. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jep/article/view/18704.
Dimyati, Ahmad. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Sscs Problem Solving Dengan Metode Hypnoteaching.” SUPERMAT (JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA) 4, no. 1 (July 13, 2020): 1–15. https://doi.org/10.33627/sm.v4i1.339.
Dinasty, Arga, I Putu, Pasek Suryawan, I Made Sugiarta, Universitas Pendidikan Ganesha, Kata Kunci, : Efektivitas, Metode Hypnoteaching, and Motivasi Belajar Matematika. “Efektivitas Penerapan Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP.” PRISMA 10, no. 1 (June 7, 2021): 30–43. https://doi.org/10.35194/JP.V10I1.1302.
Fatimah Zahro, Ifat, Heni Nafiqoh, and PG PAUD IKIP Siliwangi. “Studi Deskriptif Tentang Metode Hypnoteaching Pada Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung 5, no. 2 (October 31, 2019): 64–72. https://doi.org/10.22460/TS.V5I2P64-72.1473.
Habibi, Asep, Nita Delima, and Yanry Budianingsih. “Penerapan Hypnoteaching Melalui Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Serta Mengetahui Motivasi Belajar Siswa.” Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 5, no. 01 (March 27, 2019): 96–105. https://doi.org/10.35569/BIORMATIKA.V5I01.448.
Hana Pebriana, Putri, Pendidikan Guru Sekolah, and Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. “Penerapan Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Anak Pada Siswa Kelas III Sdn 030 Bagan Jaya.” Jurnal Basicedu 2, no. 1 (2018): 148–53. https://www.neliti.com/publications/278070/.
Hanif, Mohammad. “Pengaruh Pendekatan Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018.” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah 8, no. 1 (January 25, 2019): 31–67. https://ejournal.isimupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/151.
Hanifah, Agfie Nurani, Nurholipatus Sa’adah, and Agung Dwi Sasongko. “Hubungan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Smk Melalui Model Pembelajaran Hypnoteaching.” Teorema: Teori Dan Riset Matematika 4, no. 2 (September 28, 2019): 121–30. https://doi.org/10.25157/TEOREMA.V4I2.2692.
Iman Hadi Sunarya, Encep. “Penerapan Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pgsd FKIP Universitas Sebelas April” 6, no. 2 (July 26, 2022): 24–28. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/view/228.
Imawati, Sri, and Pandu Krisna Winata. “Pengaruh Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1, no. 1 (July 16, 2018). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2757.
Irzain, Ismiati, Arpinus Arpinus, and Wahidah Fitriani. “Efektivitas Pelatihan Hypnoteaching Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru Pendidikan Agama Islam.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 7, no. 1 (April 10, 2021): 24. https://doi.org/10.29210/120212776.
Masdudi, Masdudi. “Implementasi Teknik Hypnoteaching Dalam Proses Pembelajaran Pada Anak Usia Dini.” AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak 4, no. 2 (September 30, 2018): 20–45. https://doi.org/10.24235/AWLADY.V4I2.3122.
Miftakhurozaq. “Implementasi Metode Hypnoteaching Dalam Pembelajaran PAI.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (April 5, 2018): 83–104. https://doi.org/10.21274/TAALUM.2018.6.1.83-104.
Novianti, I., and E. C. Mulyaning. “Increasing Mathematical Understanding Ability Using Quantum Teaching Hypnoteaching-Based in Elementary School Teacher Education Students.” Journal of Physics: Conference Series 1657, no. 1 (October 1, 2020): 012090. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012090.
Olyvia, Marta, and Yuniarni. “Penerapan Metode Hypnoteaching Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bruder Nusa Indah.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 8, no. 9 (September 26, 2019). https://doi.org/10.26418/JPPK.V8I9.35851.
Qomario, Qomario. “Pengaruh Hypnoteaching Dalam Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 9, no. 1 (December 7, 2018). https://doi.org/10.24176/RE.V9I1.2808.
Rianto, Budi, and H A M Surachmat. “Using Hypnoteaching Technique To Empower Students’ Courage In Speaking Skill.” Journal of English Education Program (JEEP) 7, no. 2 (October 22, 2020). https://doi.org/10.25157/(JEEP).V7I2.4243.
Rifqi, Muhammad, Kasinyo Harto, and Ermis Suryana. “Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik.” Muaddib: Islamic Education Journal 5, no. 1 (June 20, 2022): 41–48. https://doi.org/10.19109/MUADDIB.V5I1.15091.
Rosmarie, Aprilia, and Mualimin Mualimin. “Improving Students’ Writing Skills and Motivation in Learning English at SMAN 2 Kediri Using Hypnoteaching Strategy.” Jurnal Ilmu Pendidikan 27, no. 1 (June 22, 2021): 17–22. https://doi.org/10.17977/UM048V27I1P17-22.
Rumianingsih, Nengah. “Penerapan Model Pembelajaran Hypnoteaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PKN Pada Siswa Kelas 1 Di SD Negeri 1 Dasan Tereng.” MEDIA BINA ILMIAH 16, no. 4 (November 4, 2021): 6627–34. https://doi.org/10.33758/MBI.V16I4.1339.
Saleh, H., D. Suryadi, and J. A. Dahlan. “Promoting Students’ Mathematical Problem-Solving Skills through 7e Learning Cycle and Hypnoteaching Model.” Journal of Physics: Conference Series 948, no. 1 (January 2018): 012037. https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012037.
Saleh, Hairul, and Warsito Warsito. “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Model Siklus 7e Berbantuan Hypnoteaching.” Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 2 (July 31, 2019): 158–74. https://doi.org/10.31000/PRIMA.V3I2.1648.
Sari, Febriani Dwi, and Erlina Prihatnani. “Application Of Hypnoteaching Method To Improve Self-Confidence And Results Of Student Mathematic Learning.” Journal of Education Research and Evaluation 2, no. 4 (January 25, 2019): 172. https://doi.org/10.23887/jere.v2i4.15699.
Satria, Oki Anggit, Budi Waluya, and B Siswanto. “Model Discovery Learning Bernuansa Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Mathematical Reasoning Dan Rasa Ingin Tahu Siswa.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1 (February 1, 2018): 669–76. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20213.
Setiadi, Agung Heru. “Penerapan Metode Hypnoteaching Untuk Mengembangkan Maharoh Al Kalam.” Al Ahkam 14, no. 1 (June 29, 2018): 63–89. https://doi.org/10.37035/AJH.V14I1.1482.
Surbakti, Mariana, and Indah Septa. A. Laia. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya.” Jurnal Visi Eksakta 3, no. 2 (July 30, 2022): 130–41. https://doi.org/10.51622/EKSAKTA.V3I2.423.
Susanto, Nanang Hasan, Wirda Ramadhanti, and Alyan Fatwa. “Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Menggunakan Metode Hypnoteaching.” PENCERAHAN 12, no. 1 (March 10, 2018): 52–86. http://jurnalpencerahan.org/index.php/jp/article/view/19.
Syahas, Allika Nur Ramdina. “Physics Hypnoteaching : A Literatur Review.” Risenologi 4, no. 1 (April 29, 2019): 15–23. https://doi.org/10.47028/J.RISENOLOGI.2019.41.87.
Syaifuddin, Muh, Ahmad Afiif, Eka Damayanti, Universitas Islam Negeri, and Alauddin Makassar. “Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Metode Hypnoteaching.” Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam 16, no. 2 (December 20, 2019): 39–44. https://doi.org/10.18860/psi.v16i2.8236.
Thamrin, Jurnal, Yohanes Bowo Widodo, Abu Sopian, Fenty Tristanti Julfia, and Universitas Mohammad Husni Thamrin. “Efektivitas Hypnoteaching Bagi Anak Prasekolah.” SemNasPsi (Seminar Nasional Psikologi) 1, no. 1 (December 19, 2018): 134–43. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v2i1.136.
Thamrin, Mohammad Husni, Yohanes Bowo Widodo, Abu Sopian, and Fenty Tristanti Julfia. “Penerapan Teknologi Multimedia Untuk Pelatihan Mengajar Efektif Dengan Metode Hypnoteaching Bagi Guru-Guru SMK Respati 01.” Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin 2, no. 1 (March 30, 2020): 8–17. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v2i1.136.
Wahid, Juliana, and Ratih Juni Astuti. “Penerapan Metode Hypnoteaching Dalam Upaya Meningkatkan Kecerdasan Otak Peserta Didik.” Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal 2, no. 1 (August 11, 2020): 67–97. https://doi.org/10.47467/RESLAJ.V2I1.136.
Wahyuningsih, Novita, Ruli Hafidah, and Adriani Rahma Pudyaningstyas. “Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Kumara Cendekia 8, no. 1 (March 31, 2020): 11–22. https://doi.org/10.20961/KC.V8I1.32156.
Wassalwa, Almanna, and Agung Wijaksono. “Meningkatkan Kekayaan Mufrodat Siswa Melalui Metode Hypnoteaching.” Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 2 (July 14, 2020): 129–31. https://doi.org/10.35316/LAHJAH.V1I2.820.
Zainuddin, Muhammad, Sekolah Tinggi, and Ilmu Ekonomi Tenggarong. “Enhancing Students’ Motivation And Reading Achievement Trough Hypnoteaching Method In Class Xi Students.” Journal of English Educational Study (JEES) 2, no. 2 (November 11, 2019): 53–62. https://doi.org/10.31932/JEES.V2I2.465.
Zuhri, Zuhri. “The Effect Of The Hypnoteaching Approach On Learning Motivation In Students In Class IVB MIN 1 Bantul 2021/2022 Academic Year.” PEDIR: Journal of Elementary Education 1, no. 1 (May 31, 2021): 86–102. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Pedirjournalelementaryeducation/article/view/132.
Copyright (c) 2023 Dedi Wahyudi, Warul Walidin, Salami Salami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.