PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HUBUNGAN ANTAR SATUAN VOLUME (HUANSAV) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Moh Ribut Faisol Moh Ribut Faisol STKIP PGRI Bangkalan
  • Hefi Rusnita Dewi
  • Nur Aini S
Keywords: Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Hubungan Antar Satuan Volume, Pendidikan Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi Hubungan Antar Satuan Volume (HUANSAV) di SD Negeri Jukong 2 Madura. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Pengembangan media pembelajaran melalui proses validasi yang melibatkan dua ahli media pembelajaran. Uji coba media pembelajaran dilakukan secara terbatas dengan melibatkan 27 orang siswa kelas 5 di SD Negeri Jukong 2 Madura. Penelitian ini menghasilkan N-Gain Score sebanyak 94,5 sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran HUANSAV dikatakan efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arita, S., & Arita, S. P. (2017). PENGGUNAAN MEDIA VISUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 6(2).
https://doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3340
Asriyanti, F. D., & Janah, L. A. (2019). Analisis Gaya Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2). https://doi.org/10.17977/um027v3i22018p183
Hulu, I. (2021). Pembelajaran Kombinasi pada PTMT Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX-C SMPN 1 Seberida. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1). https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas 5I. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Masyithoh, D., & Arfinanti, N. (2021). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) PADA ERA NEW NORMAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH. Sigma : Jurnal
Pendidikan Matematika, 13, 160–167.
Purwanto, N. (2019). Tujuan Pendidikan Dan Hasil Belajar: Domain Dan Taksonomi. Jurnal Teknodik, 146–164. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.541
Romadiyah, U. (2014). Pembelajaran STAD dan TSTS bermedia ice cream stick pada operasi hitung bilangan bulat. Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 93–104. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=314507&val=4795&title=STAD and TSTS Learning Mediated with Ice Cream Stick in whole number Operation
Rochmad, R. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.
Al MAJJID, W. P. Analisis Butir Soal Matematika pada Ujian Sekolah Jenjang Sekolah Dasar Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020 Berdasarkan Taksonomi Bloom.
Masyithoh, D., & Arfinanti, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Pada Era New Normal Terhadap Hasil belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 160-167
Published
2023-12-27
How to Cite
Moh Ribut Faisol, Moh Ribut Faisol, Hefi Rusnita Dewi, and Nur Aini S. 2023. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HUBUNGAN ANTAR SATUAN VOLUME (HUANSAV) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA”. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 12 (2), 231-45. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/assalam/article/view/506.