PROFIL KEMAMPUAN NUMERASI SISWA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL

  • UKHTI JANNAH Universitas Madura
  • Mohdar Rosi
  • Ainur Rofiq Hafsi
Keywords: Numerasi, kecerdasan emosional tinggi, kecerdasan emosioanl rendah

Abstract

Subjek penelitian ini adalah 1 siswa kecerdasan emosional tinggi dan 1 siswa kecerdasan emosional rendah di kelas V MI Tarbiyatul Banin I dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket kecerdasan emosional, tes kemampuan numerasi berupa pilihan ganda komplek dan soal esai, lalu dilakukan wawancara dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah subjek kecerdasan emosional tinggi mampu memilih, menuliskan dan menjelaskan secara terprinci dan sistematis sesuai indikator kemampuan numerasi dengan predikat baik dan mendapatkan skor sebanyak 193 poin. Subjek kecerdasan emosional rendah mampu memilih, menuliskan dan menjelaskan secara terperinci dan sistematis sesuai indikator kemampuan numerasi dengan predikat cukup baik dan mendapatkan skor sebanyak 171 poin. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa tergantung pada tingkat kecerdasan emosionalnya. Dengan mengetahui kemampuan numerasi siswa terhadap kecerdasan emosionalnya, maka perlu peningkatan terhadap kecerdasan emosional siswa melalui belajar dan pembelajaran senyaman mungkin untuk bisa mengembangkan dan meningkatkan kemampuan numerasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah. (2017). Hubungan Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah 29 Sunggal Deli Serdang. Jurnal ANSIRU, Vol 1, No1.
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Barr, & Stephenson. (2011). Bringing computational thinking to K-12: what is Involved and what is the role of the computer science education community?. Acm Inroads, 2(1), 48–54.
Barr, D., Harrison, J., & Conery, L. (2011). Computational thinking: A digital age skill for everyone. Learning & Leading with Technology, 38(6), 20–23.
Cahyo. (2015). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) pada Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis & Manajemen, Vol 15, No 1.
Casmini. (2007). Emotional Parenting (Dasar-dasar Pengasuhan Kecerdasan Emosi Anak). Yogyakarta: Pilar Media.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fauziah. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry. Jurnal Ilmiah Edukasi, Vol 1, No1.
Fujii, T., Guo, T., & Kamoshida, A. (2018). A Consideration of Service Strategy of Japanese Electric Manufacturers to Realize Super Smart Society (SOCIETY 5.0). In International Conference on Knowledge Management in Organizations, 634–645.
Fukuda, K. (2019). Science, technology and innovation ecosystem transformation toward society 5.0. International Journal of Production Economics, 107460.
Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Goleman, Daniel. (1996). Kecerdasan Emosional. Terjemahan Oleh T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, Daniel. (1998). Working with emotional intelligence. Bantan Book.
Goleman, Daniel. (2000). Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional). Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Goleman, Daniel. (2002). Working With Emotional Intelligence (terjemahan) Jakarta: PT. Gramedia.
Gottman, Jhon. (2001). Kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Heliany, I. (2019). Wonderful Digital Tourism Indonesia Dan Peran Revolusi Industri Dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital 5.0. Destinesia: Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 1(1), 21–35.
Kusumah, Wijaya. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
OECD, P. 2015. Assesment and analytical framework: science. In Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: Interscience.
Sa’diah, H. 2021. Analisi kemampuan literasi numerasi ditinjau dari pengetahuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal PISA Konten Space and Shape. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Saja’ah. 2018. Analisis Kesulitan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Numerasi dalam Pemecahan Masalah. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2).
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.
Triatna, Cepi dan Kharisma, Risma. (2008). EQ Power Panduan meningkatkan Kecerdasan Emosional. Bandung: Citra Praya..
Uno, Hamzah. B. (2006). Orientasi baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Windayani & Khairil Anwar. (2017). Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional dan Pembahasan Hablumminnannas terhadap Kepribadian Akademik di Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, Vol 16, No 2.
Published
2023-06-28
How to Cite
JANNAH, UKHTI, Mohdar Rosi, and Ainur Rofiq Hafsi. 2023. “PROFIL KEMAMPUAN NUMERASI SISWA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL”. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 12 (1), 98-112. https://doi.org/10.51226/assalam.v12i1.513.