MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP PUTRI AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH MALANG

  • Rukin
  • Karinda Tifani
Keywords: Pengaruh, Motivasi Belajar, dan Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi motivasi siswa pada mata pelajaran IPA kelas IX SMP Putri Al Irsyad Al Islamiyyah Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Putri Al Irsyad Al Islamiyyah Malang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa motivasi belajar siswa kelas IX SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Malang tahun pelajaran 2022-2023 dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Indikator dorongan internal terdiri dari adanya hasrat dan keinginan berhasil; adanya harapan dan cita-cita masa depan; menunjukkan minat; dan tekun dalam menghadapi tugas. Sedangkan indikator dorongan ekskternal terdiri dari adanya penghargaan dalam belajar; adanya kegiatan yang menarik dalam belajar; adanya lingkungan belajar yang kondusif; serta adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. 2018. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Dimyati dan Mudjono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fatimah , E. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Iswatun, M. Mosik, dan Bambang Subali. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan KPS dan Hasil Belajar Siswa SMP kelas VIII. Dalam Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 3.2
Khotimah, Hosnul, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Teknik Mind Mapping terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP kelas VIII. Dalam Jurnal Jurusan Biologi-Fakultas MIPA UM.
Latipah. 2013. Motivasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Mahmudin. 2018. Motivasi Belajar. Jakarta.
Nurmalita, Rudi dan Nurul. 2018. Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA pada Mata Pelajaran Biologi di SMAN 1 Rambah Hilir. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Pasir Pangaraian.
Rukin,2021, Metodologi Penelitian Kualitatif edisi Revisi, ISBN: 978-623-6955-89-5, Penerbit CV. Jakad Media Publishing, 2021
Sanjaya, W. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sardiman, 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada .
Sardiman, 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Yamin. 2013. Kiat Membelajar Siswa. Jakarta: GP Prees Grup.
Published
2023-12-27
How to Cite
Rukin, and Karinda Tifani. 2023. “MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP PUTRI AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH MALANG”. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 12 (2), 131-46. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/assalam/article/view/518.