BEST PRACTICE SERVANT LEADERSHIP DALAM MENINGKATKAN RAPOR PENDIDIKAN PADA SMKS ISLAM YPI 2 WAY JEPARA

  • Yogi Hartanda Institut Bakti Nusantara
  • Syaiful Bakhri Institut Bakti Nusantara - Lampung
  • Hikmatul Aliyah
Keywords: Perencanaan Berbasis Data, Rapor Pendidikan, Servant Leadership, Sumder Daya Manusia

Abstract

Perkembangan, mutu dan progresi lembaga pendidikan tidak bisa dipisahkan dari peran Kepala Satuan Pendidikan. Kepala Sekolah menjadi salah satu kunci keberhasilan Satuan Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana pola kepemimpinan melayani dan praktik baik pada peningkatan Rapor Pendidikan di SMK Islam YPI 2 Way Jepara. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode case study melalui wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Penelitian dilaksanakan di SMK Islam YPI 2 Way Jepara dengan melibatkan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Karyawan dan Peserta Didik sebagai subjek penelitian dalam wawancara. Di sisi lain, peneliti juga menggunakan data primer yaitu Rapor Pendidikan selama tiga tahun terakhir, didukung dengan data sekunder data-data dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kepala Sekolah menerapkan pola Kepemimpinan Melayani dalam tiga aspek; Aspek Hubungan Teman Sejawat, Aspek Perilaku Sehari-hari dan Aspek Profesionalisme. (2) Kepemimpinan Melayani ditunjukan dalam proses Identifikasi akar masalah, Refleksi Program dan Benahi dalam rangka Perencanaan Berbasis Data pada Rapor Pendidikan. (3) Satuan Pendidikan berhasil menaikan capaian dari tiga indikator utama pada tahun berikutnya. Pola Kepemimpinan Melayani dapat diadaptasi oleh Satuan Pendidikan lainnya dalam melibatkan warga sekolah sebagai upaya meningkatkan Mutu dan Kinerja Sekolah dalam Platform Rapor Pendidikan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afjur, Sudirman Willian, and Sudirman, ‘Servant Leadership School Principles in Improving Teacher Performance at SMPN 7 Mataram, Indonesia’, Path of Science, 9.1 (2023), pp. 2067–71, doi:10.22178/pos.89-12
Asih, Esti Rinengga, and Muhammd Sholeh, ‘Pengaruh Servant Leadership Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Yayasan Muhammadiyah Surabaya’, Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8.2 (2020), pp. 89–99 https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/37/article/view/34151
Bakry, and Syamril, ‘Pengaruh Servant Leadership Terhadap Nilai Kinerja Guru’, Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 5.1 (2020), pp. 2580–3417
Budi Teguh Harianto, ‘Rapor Pendidikan Analisis Rapor Pendidikan Sebagai Dasar Penyusunan Program Berbasis Data’, Jurnal Khazanah Intelektual, 7.2 (2023), pp. 1717–32, doi:10.37250/khazanah.v7i2.207
Chen, Meizhao, Muhammad Zada, Jawad Khan, and Noor Ul Saba, ‘How Does Servant Leadership Influences Creativity? Enhancing Employee Creativity via Creative Process Engagement and Knowledge Sharing’, Frontiers in Psychology, 13.July (2022), doi:10.3389/fpsyg.2022.947092
Dhar, Neeraj Kumar Jaiswal Rajib Lochan, ‘The Influence of Servant Leadership, Trust in Leader and Thriving on Employee Creativity’, Leadership & Organization Development Journal, Unit 07, 2010, pp. 1–5
Ersanko Pratiwi, Edeline, and Lusiana Idawati, ‘Pengaruh Kepemimpinan Yang Melayani, Kepuasan Kerja, Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Kinerja Guru Sekolah Lentera Harapan Sangihe’, Jurnal Nalar Pendidikan, 7.1 (2019), pp. 85–93
Ghamrawi, Norma, Reem Khalid Abu-Shawish, Tarek Shal, and Najah A.R. Ghamrawi, ‘Destructive Leadership Behaviors: The Case of Academic Middle Leaders in Higher Education’, International Journal of Educational Research, 126.May (2024), p. 102382, doi:10.1016/j.ijer.2024.102382
Greenleaf, Robert K., Servant Leadership: A Journey Into the Nature of Legitimate Power & Greatness, Paulist Press, 1977
Hermanto, Yustinus Budi, and Veronika Agustini Srimulyani, ‘The Role of Servant Leadership and Work Engagement In Improving Extra-Role Behaviour and Teacher Performance’, International Journal of Productivity and Quality Management, 35.1 (2022), pp. 57–77, doi:10.1504/IJPQM.2022.120711
Indahri, Yulia, ‘Asesmen Nasional Sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional’, Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 12.2 (2021), pp. 195–215, doi:10.46807/aspirasi.v12i2.2364
Indahwati, Rohmah, Ainur Rofiq Hafsi, Ukhti Raudhatul Jannah, and Dwi Kurniati, ‘Analisis Delta Rapor Pendidikan Dan Penyusunan ARKAS Pada Kurikulum Merdeka’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.2 (2023), p. 10, doi:10.53712/ngu.v3i2.2139
Indriawati, Prita, Nurliani Maulida, Dias Nursita Erni, and Wanda Haditiya Putri, ‘Kinerja Guru Dalam Mutu Pendidikan Di SMAN 02 Balikpapan’, Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3.3 (2022), pp. 204–15, doi:10.30596/jppp.v3i3.12795
Karatepe, Osman M., Anastasia Ozturk, and Taegoo Terry Kim, ‘Servant Leadership, Organisational Trust, and Bank Employee Outcomes’, Service Industries Journal, 39.2 (2019), pp. 86–108, doi:10.1080/02642069.2018.1464559
Kemdikbud, Rapor Pendidikan Indonesia Tahun 2023, Merdeka Belajar, 2023 https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id
Kemdikbudristek, Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi, 2022 https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/upload/file/201_1649322280.pdf
Kemendikbud, Adiksimba Asesmen Nasional, 2023
Kholidah, Lilik Nur, Uyu Wahyudin Wahyudin, and Yuyu Yuhana Yuhana, ‘Peran Servant Leadership Terhadap Kinerja Guru (Literature Review)’, GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 11.1 (2023), p. 84, doi:10.31764/geography.v11i1.12349
Kwistianus, Hendri, and Devie, ‘Pengaruh Servant Leadership Terhadap Employee Empowerment, Organizational Culture Dan Competitive Advantage Pada Universitas Di Surabaya’, Business Accounting Review, 3.2 (2015), pp. 201–210
Maris, Adelia, Wiji Utami, and Dewi Prihatini, ‘Pengaruh Servant Leadership Dan Kepribadian Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien ( Full Day School ) Jember The Effect Of Servant Leadership and Personality Toward Organizational Cit’, Artikel Ilmiah Mahasiswa, 2015, pp. 1–7
Natalia, Natalia, and Dylmoon Hidayat, ‘Pengaruh Servant Leadership, Iklim Organisasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kepercayaan Organisasi Guru’, Polyglot: Jurnal Ilmiah, 17.2 (2021), p. 232, doi:10.19166/pji.v17i2.1797
Pala’langan, Alvin Yuwono, ‘Pengaruh Servant Leadership, Disiplin Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru’, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9.2 (2021), pp. 223–31, doi:10.21831/jamp.v9i2.38875
Prasetyono, Hendro, and Ira Pratiwi Ramdayana, ‘Pengaruh Servant Leadership, Komitmen Organisasi Dan Lingkungan Fisik Terhadap Kinerja Guru’, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8.2 (2020), pp. 108–23, doi:10.21831/jamp.v8i2.28458
Pusat Standar & Kebijakan Pendidikan KEMDIKBUD, Risalah Kebijakan : Meningkatkan Kualitas Pelaksanaan Asesmen Nasional Pada Jenjang Sekolah Dasar, 2022
Qistiyah, Eva Milatul, and Karwanto, ‘Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru’, Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08.03 (2020), pp. 271–84
Ram, Sitti Hardianti, Muhammad Daud, and Hilwa Anwar, ‘The Effect of Servant Leadership on Teacher Performance and Organizational Citizenship Behavior as Mediation Variables’, in ITM Web of Conferences, 2024, LVIII, 01007, doi:10.1051/itmconf/20245801007
Ramadhan, Muhammad Ramzy, Marhamah Salsabila, and Hasyim Asy, ‘Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan Melalui Gaya Servant Leadership’, Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 4.4 (2023), pp. 412–22, doi:10.30596/jmp-dmt.v4i4.15613
Ren, Luxi, and Huayu Shen, ‘The Relationship Between Servant Leadership and Team Innovation Performance: Mediating Effect Of Self-Efficacy’, Heliyon, 10.6 (2024), p. e27723, doi:10.1016/j.heliyon.2024.e27723
Rubiherlan, Yusuf, Marlin Pristi, Funny Eka Nursanti, Sri Handayani, and Hendi S Muchtar, ‘Pemanfaatan Rapor Pendidikan Pada Pengembangan Program Di SDN Puncak 2’, Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Adiministrasi Pendidikan, 12.1 (2024), pp. 165–69
Salvabilla, Ayu Rahma, ‘Servant Leadership Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Era Pandemi Covid-19’, Jurnal Insipirasi Manajemen Pendidikan, 09.05 (2021), pp. 1286–1300
Santosa, Fitrah, Adrianto, Syamsir, and Afriva Khaidir, ‘Pengaruh Servant Leadership Dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kota Padang’, Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4.2 (2019), pp. 130–36, doi:10.34125/kp.v4i2.404
Septi, Septi, ‘Pengaruh Kepemimpinan Melayani (Servant Leadership) Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMKS Muhammadiyah Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat’, JORAPI: Journal of Research and Publication Innovation, 1.1 (2023), pp. 5–15
Siagian, Onny Ade, Zul Asman, Hillman Mushaddiq Suaidy, Tri Widyastuti, and Bambang Karsono, ‘Dampak Disiplin Kerja, Kompensasi, Servant Leadership Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dosen Di Perguruan Tinggi’, Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 1.2 (2023), pp. 126–37 https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v1i2.405

Sitanggang, R, Y E Gunanto, and N Sudibjo, ‘The Influence Of Servant Leadership On Performance, Loyalty And Shalom Community At Xyz School Tangerang’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2022), pp. 14606–17 https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4739%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4739/4011
Ulum, Mohammad Bahrul, Endi Sarwoko, and Agung Yuniarinto, ‘Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru: Peran Mediasi Motivasi Kerja’, Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3.4 (2020), pp. 299–307, doi:10.17977/um027v3i42020p299
Wang, Zhining, Chunjie Guan, Tao Cui, Shaohan Cai, and Dandan Liu, ‘Servant Leadership, Team Reflexivity, Coworker Support Climate, and Employee Creativity: A Multilevel Perspective’, Journal of Leadership and Organizational Studies, 28.4 (2021), pp. 465–78, doi:10.1177/15480518211010769
Wibowo, Agus Mukti, ‘Pergeseran Paradigma Pembelajaran: Analisis Dampak Penerapan Asesmen Nasional Dalam Bingkai Teori Kognitif Sosial’, Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 14.2 (2022), pp. 137–52, doi:10.18860/mad.v14i2.16023
Published
2024-06-30
How to Cite
Yogi Hartanda, Syaiful Bakhri, and Hikmatul Aliyah. 2024. “ BEST PRACTICE SERVANT LEADERSHIP DALAM MENINGKATKAN RAPOR PENDIDIKAN PADA SMKS ISLAM YPI 2 WAY JEPARA”. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 13 (1), 122-44. https://doi.org/10.51226/assalam.v13i1.687.