MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R
Abstract
Penelitian ini menunjukkan hasil penelitian yang berusaha untuk memecahkan masalah membaca pemahaman yang dihadapi oleh siswa di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Lampung Tengah. Untuk tujuan tersebut, 40 siswa dipilih sebagai subjek. Metodology penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih tiga siklus. Berdasarkan dari hasil tes membaca pemahaman siswa, temuan menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3R memiliki pengaruh yang positif pada peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa SQ3R merupakan metode yang efektif untuk mengajarkan membaca pemahaman kepada subjek.
Downloads
References
Depdikbud. GBPP Bahasa Indonesia SLTP. Jakarta: Depdikbud, 1993.
Depdiknas. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa dan Sastra Indonesia:
Pengembangan Kemampuan Membaca Cepat. Jakarta: Depdiknas, 2005.
Kemmis,S. & Mc.Taggart, R. The Action Research Planner. Gee Long: Deaken
University Press, 1988.
Kholis, Nur. 2014. Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Aplikasi Shalat Fadhu Siswa. Jurnal As-Salam Vol 3 No 2
___________. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Iqro' Vol 2 No 1
Latief, M.A. Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Bahasa. Malang:
Universitas Negeri Malang, 2008.
Nurgiantoro, Bambang. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.
Jogjakarta: BPFE, 1987.
Soedarso. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Utama, 1994.
Soedarso. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia,
Supriatna, Agus dan Sinta Erdina. Buku 1 Penataran Tertulis Guru Bahasa
Indonesia SLTP. Bandung: Depdiknas, 2002.
Tarigan, Henry Guntur. Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa, 2008.
Tarigan, Henry Guntur. Strategi Pengajaran dan pembelajaran Bahasa.
Bandung: Angkasa, 1993.
Widyamartaya, A. Seni Membaca untuk Studi. Yogyakarta: Kanisius, 1992.