PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN BERCERITA PADA ANAK USIA DINI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA
Abstract
Kemampuan bahasa merupakan salah satu aspek sangat penting yang harus diperhatikan oleh setiap pendidik, guna untuk mengoptimalkan panca indra terhadap anak baik dengan melalui apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan oleh anak itu sendiri. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Lembaga PAUD Islam Braja Indah, sudah mulai berjalan dengan baik. Dalam penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dimana salah satu penelitian yang mendeskripsikan temuan atau hasil yang ada dilapangan, mengamati dan menganalisa apa saja yang ditemukan dalam penelitian tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran bercerita untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran bercerita dalam mengembangkan bahasa anak usia dini. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pembelajaran kemampuan bahasa anak usia dini dengan menggunakan metode bercerita dapat mengembangkan potensi bahasa anak usia dini. Secara realitas, pengaruh metode pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini dengan melalui metode bercerita bisa meningkatkan kemampuan bahasa anak, dilihat dari kelancaran berbicara, tidak pernah merasa malu dalam bertanya, aktif dalam berbagai bidang yaitu bercerita, bernyanyi dan menjadi pemimpin di kelas
Downloads
References
Dwi Nami Karlina, “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Tk B Usia 5-6 Tahun Melalui Digital Storytelling Di Tk Apple Kids, jurnal pendiidkan anak usia dini. 2017
Hurlock, E. B. Psikologi Perkembangan Edisi 5. Jakarta: Erlangga.1990
Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman.. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS).1992
Isjoni, Model Pembelajaran Anak Usia Dini,Bandung: Alfabeta, 2012
Musfiroh, Tadkirotun. Pengantar Psikolinguistik. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta 2002
M. Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
Rahmat Pupu Saeful, “Penelitian Kualitatif,” Equilibrium.2009
Rusniah Rusniah, “Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok a Di Tk Malahayati Neuhen. 2019
Santrock J.W, Masa Perkembangan Anak, 11th ed. jakarta: selemba humanika, 2011.
Vygotsky, L. S. (1997). The collected works of LS Vygotsky: Problems of the theory and history of psychology (Vol. 3). Springer Science & Business Media.
Wirelawati, Nk.. Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Tk Tunas Mekar Sari Denpasa rDalam Jurnal Pendasi : (Jurnal Pendidikan Indonesia.2012
Yenny Safitri, “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Bahasa Balita Di UPTD Kesehatan Baserah ,Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no.2017. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.35.