PEMANFAATAN PAPER MODE QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN PAI KELAS 8 SMP IT BAITUL MUSLIM

  • Diana Ni'matul Khusna STAI Darussalam Lampung
  • Fitriyah STAI Darussalam Lampung
Keywords: Paper Mode Quizizz, Evaluasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Media Evaluasi.

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan mata pelajaran penting dalam kurikulum Sekolah Menengah Pertama (SMP). Evaluasi pembelajaran PAI merupakan aspek krusial dalam menjamin pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Penggunaan media evaluasi yang efektif menjadi semakin relevan. Salah satu alat yang dapat dimanfaatkan adalah Quizizz, sebuah platform berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pemanfaatan Paper Mode Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran PAI di kelas 8 SMPIT Baitul Muslim. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan survei dengan melibatkan 20 siswa kelas 8F SMPIT Baitul Muslim sebagai responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data akan dianalisis secara deskriptif untuk memberikan gambaran persepsi siswa terhadap penggunaan mode kertas Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz mode kertas dapat meningkatkan minat, keterlibatan, dan motivasi siswa dalam pembelajaran PAI.

 

References

Abi Hamid, M. “Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK Pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika.” VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 1, no. 1 (2016): 37–46.
Asria, Lailatul, Dwi Ratna Sari, Siti Anifatul Ngaini, Umi Muyasaroh, and Fadhilah Rahmawati. “Analisis Antusiasme Siswa Dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz.” Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika 3, no. 1 (February 8, 2021): 1–17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17.
“Bab2.Pdf.” Accessed June 15, 2023. https://eprints.uny.ac.id/9927/2/bab2.pdf.
F.C.S, Adiyanta. “Hukum Dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey Sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris.” Administrative Law & Governance Journal 2, no. 4 (2019): 697–709.
Hill, Roger B. “The Design of An Instrument to Assess Problem Solving Activities in Technology Education.” Journal of Technology Education 9, no. 1 (September 1, 1997). https://doi.org/10.21061/jte.v9i1.a.3.
Ismanto, Ismanto. “Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI).” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 9, no. 2 (September 27, 2014). https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.773.
Lailatul Asria and dkk. “Analisis Antusiasme Siswa Dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz.” Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika 3, no. 1 (2021).
“Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah [JDIH BPK RI].” Accessed June 15, 2023. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/224242/permendikbud-no-22-tahun-2016.
Putra, Rizal Wahid Permana. “Utilizing Paper-Mode Quizizz for Formative Assessment in English Teaching and Learning.” Journal of Research on English and Language Learning (J-REaLL) 4, no. 1 (March 28, 2023): 48–54. https://doi.org/10.33474/j-reall.v4i1.19288.
Rahmawati, Dhian Nuri, Ana Fitrotun Nisa, Dwi Astuti, Fajariyani Fajariyani, and Suliyanti Suliyanti. “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 2, no. 1 (February 25, 2022): 55–66. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335.
Ressa Ulimaz Amalia, Bekti Isaeni, Purwati, and Yahya Hanafi. “Analisis Kendala Peserta Didik Dalam Pembelajaran Online Materi Biologi Di SMP Negeri 3 Bantul.” Jurnal Bio Educatio 5, no. 2 (2020): 11–12.
Stufflebeam, Daniel L. Educational Evaluation and Decision Making. Bloomington, Indiana: Phi Delta Kappa, 1971.
Published
2024-08-30
Section
Articles